PEDOMANRAKYAT, PINRANG – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SMP se Kabupaten Pinrang, menggelar rapat berkala sekaligus mensosialisasikan Gerakan Siswa Memakmurkan Masjid (GSMM) serta Pembelajaran Mendalam dan Struktur Kurikulum di Aula SMPN 1 Cempa, Senin (28/7).
Sebanyak 58 Kepala sekolah jenjang SMP di Pinrang ini hadir pada rapat yang dipimpin Ketua MKKS SMP Pinrang, Dalle yang juga dihadiri langsung Kepala Dinas Dikbud Pinrang, Andi Macca Moenta.
Selain Pembelajaran Mendalam dan Muatan Kurikulum yang menjadi agenda utama rapat, juga diadakan sosialisasi terkait Gerakan Siswa Memakmurkan Masjid (GSMM) sebagai inisiasi program Pemkab Pinrang.
Kadis Dikbud Pinrang, Andi Macca mengapresiasi kegiatan MKKS yang dinilainya bernuansa positif. Ia juga mengapresiasi kehadiran dan kekompakan para kepala sekolah menengah pertama di daerah ini yang meluangkan waktu pada kegiatan tersebut.
Macca mengatakan, pertemuan MKKS ini merupakan bentuk langkah konkret bagi para kepala sekolah pada jenjang SMP di Pinrang untuk menyatukan visi dan misi, memastikan bahwa pendidikan tidak hanya berfokus pada aspek akademik, tetapi juga pada pembentukan karakter dan spiritualitas siswa ke depan.
Macca berharap, pertemuan ini menjadi momentum untuk menggalakkan dan memastikan program GSMM dapat berjalan baik pada masing-masing institusi.
Luly Widiyastuti, Pengawas SMP Kabupaten Pinrang, sebagai nara sumber memaparkan secara singkat terkait Pembelajaran Mendalam dan Struktur Kurikulum.
Luly menyebut, pembelajaran mendalam adalah pendekatan pembelajaran yang berupaya menciptakan pengalaman belajar yang bermakna, kontekstual, dan berpusat pada siswa, sehingga siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan, tetapi juga mengembangkan pemahaman yang mendalam dan keterampilan yang relevan untuk kehidupan.
Terkait materi sosialisasi GSMM, disampaikan langsung oleh DR Yunus Taba, Sekertaris PD DDI Pinrang dari Kantor Kemenag Pinrang.
Yunus mengatakan, GSMM merupakan upaya Pemerintah untuk meningkatkan kehadiran dan partisipasi siswa yang aktif dalam kegiatan ibadah di masjid, terutama shalat berjamaah.
Yunus memaparkan tujuan, manfaat, serta teknis pelaksanaan GSMM yang diharapkan dapat menumbuhkan karakter religius, kepedulian sosial, dan kecintaan siswa terhadap nilai-nilai keagamaan. (busrah)