PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Dalam upaya meningkatkan literasi dan numerasi guru, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Pinrang menggelar Pelatihan Literasi dan Numerasi Guru selama 3 hari yang berlangsung di Aula Dikbud Pinrang, Kamis (4/12) lalu.
Kegiatan yang berfokus pada penguatan dan peningkatan kompetensi dasar guru dalam mengajar literasi dan numerasi ini, dibuka oleh Hasrijal, Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dinas Dikbud Pinrang yang diikuti guru-guru Tingkat SD dan SMP se Kabupaten Pinrang.
Kegiatan ini bertujuan membekali dan memperkuat kemampuan literasi dan numerasi guru tingkat SD dan SMP sebagai modal penting dan fondasi utama dalam pembelajaran kurikulum merdeka dengan strategi pengajaran terbaru dan efektif.
“Literasi numerasi guru adalah kemampuan guru untuk memahami dan menggunakan angka, simbol matematika, dan konsep di baliknya dalam proses pembelajaran, yang sekaligus untuk mendukung peningkatan hasil belajar peserta didik,” jelas Hasrijal, kala membuka kegiatan tersebut.
Hasrijal menjelaskan, literasi numerasi guru ini mencakup kemampuan untuk mendampingi peserta didik dalam mengakses, menggunakan, menafsirkan, dan mengkomunikasikan informasi dan ide matematika. Menurutnya, literasi numerasi guru penting untuk meningkatkan pembelajaran di kelas karena berkaitan dengan cara berpikir siswa.
“Guru yang menguasai literasi numerasi ini akan dapat menyampaikan materi dengan jelas dan benar, serta berinovasi mengembangkan kompetensi siswa,” ujarnya.
Hasrijal juga menekankan pentingnya efisiensi administrasi guru. Karena tanpa adanya administrasi yang lengkap, maka proses pembelajaran tidak akan berjalan efektif sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal.
“Administrasi guru mencakup hal-hal seperti: perencanaan pembelajaran, pengelolaan kelas, evaluasi siswa, dan pelaporan hasil belajar. Semua ini penting untuk memastikan proses pendidikan berjalan lancar,” ujar Hasrijal.
Ia berharap, melalui kegiatan ini mutu pembelajaran di sekolah dapat meningkat, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada hasil belajar siswa, terutama dalam memahami teks (Literasi) dan berpikir logis matematis (Numerasi).
Ia juga meminta, peserta yang hadir dapat mengimbaskan ilmu yang didapat kepada rekan kerjanya di satuan pendidikan masing-masing. (busrah)

