Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Operasikan Posko Nataru 2025/2026

Tanggal:

Follow Pedomanrakyat.co.id untuk mendapatkan informasi terkini.

Klik WhatsApp Channel  |  Google News

PEDOMANRAKYAT, MAROS – General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Minggus Gandeguai, memastikan kesiapan penuh bandara dalam melayani perjalanan udara masyarakat selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025/2026, dengan mengoperasikan posko terpadu selama 21 hari.

Kesiapan tersebut mencakup aspek infrastruktur, fasilitas, serta penyiagaan personel guna mengantisipasi lonjakan lalu lintas penerbangan pada puncak musim liburan akhir tahun. Posko Nataru 2025/2026 mulai beroperasi sejak Senin, 15 Desember 2025, hingga Minggu, 4 Januari 2026.

Minggus Gandeguai mengatakan, pengoperasian posko bertujuan memastikan aspek keamanan, keselamatan, dan pelayanan bandara berjalan optimal serta tetap mematuhi seluruh regulasi penerbangan di tengah meningkatnya aktivitas penumpang.

“Pendirian posko ini menjadi penanda dimulainya kesiapan penuh bandara dalam melayani perjalanan udara masyarakat pada libur akhir tahun. Fokus kami adalah Melayani Sepenuh Hati agar setiap pengguna jasa bandara memperoleh pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan,” ujar Minggus.

Ia menambahkan, posko Nataru juga menjadi wadah kolaborasi seluruh pemangku kepentingan di lingkungan bandara, mulai dari operator bandara, regulator, maskapai penerbangan, operator ground handling, hingga instansi terkait lainnya.

“Melalui posko ini, sinergi seluruh stakeholder diperkuat guna menjamin kelancaran operasional sekaligus meningkatkan kenyamanan penumpang,” jelasnya.

Selain itu, posko menyediakan data lalu lintas penerbangan secara real-time yang menjadi dasar pengambilan keputusan secara cepat dan tepat, sehingga operasional bandara dapat berjalan lancar selama periode Nataru.

“Selama 21 hari periode Nataru, kami memproyeksikan pergerakan penumpang mencapai sekitar 612.536 orang, atau meningkat 4 persen dibandingkan periode Nataru sebelumnya,” tambah Minggus.

Puncak arus keberangkatan diperkirakan terjadi pada 21 Desember 2025, sementara puncak arus kedatangan diprediksi pada 4 Januari 2026. Untuk mendukung operasional posko, sebanyak 975 personel dikerahkan guna melayani seluruh pengguna jasa Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Baca juga :  Maksimalkan Penanganan Laka Lantas, Satlantas Polres Pelabuhan Makassar Gelar Simulasi TPTKP

Dari sisi manajemen operasional, bandara juga didukung sistem Airport Management berbasis infrastruktur teknologi informasi modern. Salah satunya melalui Airport Operation Control Center (AOCC) yang berfungsi sebagai control room untuk memantau kondisi operasional bandara secara real-time.

Selain itu, diterapkan pula Management Operation based on Traffic (MOT), yakni sistem yang mampu memprediksi pergerakan dan kepadatan penumpang di terminal, sekaligus memberikan rekomendasi optimalisasi fasilitas dan kebutuhan sumber daya manusia agar pelayanan tetap berjalan maksimal.

“Infrastruktur sisi udara, mulai dari runway, taxiway, apron, hingga sistem kelistrikan dan fasilitas drainase, dipastikan dalam kondisi baik dan siap melayani penerbangan selama periode Nataru,” kata Minggus.

Inovasi Customer Service Mobile

Pada periode Nataru 2025/2026, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin juga menghadirkan inovasi layanan terbaru sebagai wujud komitmen Melayani Sepenuh Hati.

“Inovasi tersebut berupa layanan customer service mobile. Petugas mengenakan seragam jas dan berdasi batik, serta bergerak secara mobile di terminal untuk memberikan solusi langsung di berbagai titik layanan, termasuk area check-in, boarding lounge, arrival hall, dan titik layanan penumpang lainnya,” ungkap Minggus.

Tak hanya itu, bandara juga menghadirkan suasana Natal dan Tahun Baru untuk menemani perjalanan masyarakat selama libur akhir tahun.

“Mayoritas perjalanan akhir tahun dilakukan oleh keluarga yang berlibur. Karena itu, kami menghadirkan program aktivasi customer experience serta nuansa Natal dan Tahun Baru yang dapat dirasakan oleh lima pancaindra, guna menciptakan seamless journey experience bagi seluruh keluarga,” pungkasnya. (Hdr)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kolaborasi Lintas Sektor Antar Disdik Sulsel Raih Education Collaborative Impact Award 2025

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, H. Andi Iqbal Nadjamuddin, SE, mengungkapkan keberhasilan Sulawesi Selatan...

Kapolda Sulsel Resmikan Jembatan Gantung Satya Haprabu Lakellu di Soppeng

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol. Djuhandhani Rahardjo Puro, S.H., M.H., Kamis (18/12/2025), meresmikan Jembatan Gantung...

Koramil 1408-10/Panakkukang-Manggala Tunjukkan Peran Teritorial Lewat Karya Bakti Pembersihan Pasar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Koramil 1408-10/Panakkukang-Manggala kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung kebersihan dan kesehatan lingkungan melalui kegiatan Karya Bakti...

Dedikasi Tanpa Batas: Rahmawati Zainal Sabet Penghargaan Anugerah Srikandi Indonesia 2025 atas Kiprah Politik dan Pemberdayaan Perempuan

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA - Hj. Rahmawati Zainal Paliwang, SH, yang menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Utara...