spot_img

50 Guru dan Mahasiswa Ikut Pelatihan Komunitas GHB Pangkep

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, PANGKEP – Upaya untuk mencerdaskan anak didik terus dilakukan kapan dan dimana saja, yang tentunya harus ditunjang oleh kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh profesi seorang guru. Seperti yang dilakukan oleh guru-guru yang tergabung dalam komunitas Guru Hebat  Berbagi (GHB) di Pangkep yang membuat pelatihan tentang membuat media pembelajaran interaktif.

Pelatihan dibuka langsung oleh Kadis Pendidikan Kabupaten Pangkep, DR. Sabrun Jamil, S.Pi, MP, bertempat di SDN 28 Tumampua Pangkep yang berlangsung selama tiga hari, sehari  pemberian materi dan dua hari praktik membuat tugas Mandiri, tanggal 11 s/d 13 Juni 2022.

Kadis pendidikan Pangkep, Dr. Sabrun Jamil dalam sambutannya mengatakan, kegiatan positif seperti ini hendaknya terus dikembangkan dalam upaya meningkatkan kemampuan dan keterampilan kompetensi tenaga pendidik.

Keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran tidak terlepas dari kompetensi yang dimiliki oleh seorang guru.

Komunitas guru hebat berbagi ini memiliki tiga program unggulan yakni,
program membuat rumah baca atau rumah belajar (bola paddisengeng), program berbagi materi (Tudang Sipulung) dan program ketiga adalah membuat kegiatan lomba.

Kegiatan komunitas GHB ini dikembangkan atas dasar konsep pemikiran tokoh pendidikan nasional Ki Hajar Dewantara.

Menurut dia, kodrat yang ada pada anak bertujuan untuk dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan hakiki sebagai manusia ataupun sebagai masyarakat. Ki Hajar Dewantara mengibaratkan peran pendidik sebagai seorang petani atau tukang kebun. Sedangkan anak-anak seperti biji tumbuhan yang disemai dan ditanam oleh petani.

Dalam proses “menuntun” itulah, seorang pendidik berfungsi sebagai “pamong” agar anak tersebut tidak kehilangan arah. Seorang pamong yang baik senantiasa memberikan tuntunan agar anak menemukan kemerdekaan dalam belajar.

Baca juga :  Amankan Rangkaian Imlek 2574 Sembahyang Meja Tinggi, Polres Pelabuhan Makassar Turunkan 100 Personil

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Hardiknas 2024, Transformasi Pendidikan Enrekang Meniti Generasi Kurikulum Merdeka Belajar

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG, – Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sertiap tahun 2024 di halaman...

Catatan Mudik Lebaran 2024 (1) : “Diskriminasi” Kecil di KM Tilongkabila

Pengantar: Wartawan “Pedomanrakyat.co.id” M.Dahlan Abubakar, pada Lebaran 2024 melakukan perjalanan mudik terlama, 14 hari, ke kampung halaman. Dalam lawatan...

Kadis Perindag Sulsel, Resmi Dilantik Jadi Pj Bupati Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Ahmadi Akil, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel akhirnya resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati...

HANURA Enrekang Mulai Jaring Bakal Calon Kepala Daerah untuk Pilkada 2024, Sudah Ada 3 Kandidat

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Enrekang membuka secara resmi pendaftaran calon Bupati dan...