spot_img

Prof. Dr. H. Muhammad Darwis, MS : Kata “Kita” dalam Dua Makna

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Guru Besar Ilmu Linguistik Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unhas Prof. Dr. H. Muhammad Darwis, MS mengatakan, bahasa adalah pemisah antara dunia kebinatangan dengan manusia karena hanya manusia yang dapat berbahasa.

“Dengan bahasa kita dapat mengangkat keberadaban,” ujar Ketua Senat FIB Unhas itu ketika berbicara di depan 48 mahasiswa baru yang mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Departemen Sastra Indonesia FIB Unhas, Jumat (19/08/2022) yang dibuka Ketua Departemen Sastra Indonesia Dr. Hj. Munira Hasyim, SS, M.Hum.

Prof.Muhammad Darwis mengatakan, studi bahasa mencakup studi bahasa sebagai objek dan orientasi bahasa. Kedua, studi bahasa dalam karya sastra untuk kepentingan estetika, meskipun berupa artifisial (buatan) semata. Ketiga, bahasa sebagai suatu produk budaya.

Prof. Darwis memberikan contoh, penggunaan kata “kita” dapat dilihat dari sisi semantik yang bermakna sebagai orang pertama jamak. Namun dari segi fragmatik kata ”kita” kerap digunakan sebagai terhadap kata ganti orang kedua yang dianggap dihormati.

“Ada seorang sopir taksi memuat seorang penumpang perempuan bukan orang Makassar yang berkata, kita menginap di hotel mana ?,” kata Prof.Darwis yang ternyata kalimat ini menimbulkan kekhawatiran. Pasalnya, perempuan penumpang taksi memaknai kalimat tersebut pengemudi itu hendak menginap bersama dengan perempuan tersebut.

Penggunaan kata “kita” tersebut dipengaruhi oleh kebiasaan kita di Makassar berkaitan dengan penggunaan kata dari fragmatik untuk orang yang terhormat.

Setidaknya ada dua pengalaman lain yang berkaitan penggunaan kata “kita” yang tidak memperhatikan konkteks dan latar belakang budaya lawan bicara ini.

Baca juga :  SYL Acuhkan Panggilan Pengadilan, Pemohon Sebut Mabes, PT, MA, KPK, DPR RI dan Jokowi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Tinjau Lokasi Banjir dan Longsor, Pj Bupati Enrekang Bersama Tim Relawan Ikut Bersihkan Sampah Material

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Hujan deras kembali mengguyur Kabupaten Enrekang, menyebabkan banjir dan tanah longsor terjadi di beberapa...

RSUD Sinjai Adakan Lomba Busana dan Beri Penghargaan kepada Nakes Terbaik

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Sebagai bentuk kebanggaan pada keanekaragaman berbagai profesi, seluruh Pejabat, ASN dan karyawan Rumah Sakit Umum...

Hardiknas 2024, Transformasi Pendidikan Enrekang Meniti Generasi Kurikulum Merdeka Belajar

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG, – Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sertiap tahun 2024 di halaman...

Catatan Mudik Lebaran 2024 (1) : “Diskriminasi” Kecil di KM Tilongkabila

Pengantar: Wartawan “Pedomanrakyat.co.id” M.Dahlan Abubakar, pada Lebaran 2024 melakukan perjalanan mudik terlama, 14 hari, ke kampung halaman. Dalam lawatan...