spot_img

Gubernur Sulteng Minta Tambang Trio Kencana Segera Beroperasi

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMAN RAKYAT, PALU – Guna menjamin dan mempercepat beroperasinya pertambangan di Ketumbar, Sulawesi Tengah, PT Trio Kencana mengadakan pertemuan dengan warga masyarakat Kasimbar di Kantor Gubernur Sulteng, Kamis (24/08/2022).

Pertemuan itu diprakarsai Gubernur Sulteng, dengan mempertemukan Komisaris Utama PT Trio Kencana H. Surianto Mujib (HSM) dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama Kasimbar serta perwakilan 29 kades se-Kasimbar yang dipimpin langsung Camat Kasimbar Abdul Manan, S.Pd, MM.

H. Surianto Mujib (HSM) sebagai Komisaris Utama PT Trio Kencana mengatakan, Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) pertambangan merupakan dokumen yang wajib diajukan penambang kepada Kementerian ESDM untuk mendapatkan izin menambang.

Surianto mengakui, pihaknya telah mengajukan RKAB pada tahun 2022 ini. Setidaknya sudah tiga kali dilakukan dan masih mendapat perbaikan. Namun pengajuan untuk tahun 2022 akan berakhir pada bulan November, sehingga terasa tanggung dan tinggal beberapa bulan lagi.

“Pengajuan RKAB yang akan kami lakukan adalah RKAB tahun 2023 di bulan Oktober 2022 ini, agar semua masyarakat Kasimbar mengetahuinya,” ungkap HSM.

Sebenarnya, kata HSM, RKAB tahun 2021 itu sudah keluar. Namun adanya beberapa permasalahan pembebasan lahan di lokasi. Dimana, ada orang atau oknum yang mengaku-ngaku dari PT Trio Kencana dan membuat persetujuan dan perjanjian dengan pemilik lahan. Sementara PT Trio Kencana sendiri tidak pernah menugaskan seseorang untuk masalah tersebut.

Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura yang didampingi sekprov, kadis pertambangan, dan pejabat terkait mempersilahkan PT Trio Kencana menambang di Kasimbar.

Baca juga :  Perbaiki Kualitas Air, Tim PKM UMI Terapkan Penyaringan Air Sederhana Di Pucak Maros

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Peringati Hardiknas, Dinas Pendidikan Sinjai Adakan Lomba Tingkat PAUD

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai melaksanakan berbagai lomba Tingkat...

Kadis Pendidikan Luwu Buka Lokakarya Panen Hasil Program Guru Penggerak Angkatan 9

MAKASSARCHANNEL, BELOPA - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Luwu Andi Palanggi SSTP membuka Lokakarya 7 Program Pendidikan...

Ketua FPII Setwil Sulsel Hadiri Rakor FPII Korwil Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Ketua Forum Pers Independen Indonesia (FPII) Setwil Sulsel, Muh Risal Bakri mengatakan, FPII merupakan organisasi...

KPU Pinrang Siap Gelar Pilkada Serentak 2024, Ali Jodding : Persentase Pemilih pada Pemilu PPWP Capai 78,54 Persen

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Sukses menggelar Pemilihan Umum Tahun 2024, Ketua KPU Kabupaten Pinrang, Muh Ali Jodding menyampaikan ucapan...