Mengintegrasikan Manajemen Kualitas Jasa dan Strategi Pemasaran dalam Transformasi Digital BSI melalui BYOND

Bagikan:

Tanggal:

Follow Pedomanrakyat.co.id untuk mendapatkan informasi terkini.

Klik WhatsApp Channel  |  Google News

Oleh : Amelia Putri S (Mahasiswi Prodi Manajemen Bisnis Syariah, Institut Agama Islam Tazkia, Bogor)

PERKEMBANGAN teknologi telah mengubah wajah industri perbankan secara global, termasuk perbankan syariah. Dalam hal ini, Bank Syariah Indonesia (BSI) telah menunjukkan langkah progresif dengan meluncurkan aplikasi BYOND sebagai bagian dari transformasi digitalnya. Langkah ini tidak hanya mencerminkan adaptasi terhadap perubahan zaman tetapi juga menunjukkan bagaimana manajemen kualitas jasa dan strategi pemasaran dapat berjalan beriringan untuk meningkatkan daya saing dan kepuasan nasabah.

A. Manajemen Kualitas Jasa sebagai Pilar Utama Transformasi Digital

Manajemen kualitas jasa merupakan fondasi utama bagi keberhasilan perbankan syariah. Dalam konteks BSI, aplikasi BYOND menjadi alat yang memungkinkan peningkatan kualitas layanan secara signifikan.

Elemen-elemen utama manajemen kualitas jasa yang diterapkan melalui BYOND meliputi Reliabilitas, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, dan juga Tampilan Fisik Digital. Berikut penjelasannya :

1. Reliabilitas, aplikasi BYOND dirancang untuk memberikan pengalaman transaksi yang cepat, stabil, dan sesuai dengan prinsip syariah.

2. Daya Tanggap, dengan fitur layanan pelanggan berbasis digital, nasabah dapat dengan mudah mengajukan pertanyaan atau keluhan kapan saja.

3. Jaminan, keamanan transaksi ditingkatkan dengan teknologi enkripsi canggih, memberikan rasa aman bagi nasabah.

4. Empati, fitur personalisasi dalam BYOND, seperti pengingat pembayaran zakat, pengelolaan keuangan berbasis syariah, pengaturan target tabungan untuk ibadah haji atau umrah, dan laporan transaksi bulanan yang terperinci, mencerminkan pemahaman terhadap kebutuhan nasabah.

5. Tampilan Fisik Digital, BYOND merupakan aplikasi yang ramah pengguna mencerminkan profesionalisme dan nilai-nilai Islam yang modern.
Penerapan elemen-elemen ini melalui BYOND memastikan bahwa BSI tidak hanya memenuhi ekspektasi nasabah, tetapi juga memberikan nilai tambah yang memperkuat loyalitas mereka.

Baca juga :  Nonton Bareng Debat Capres, H Najmuddin : Target 60 persen bisa meningkat menjadi 70 persen

B. Strategi Pemasaran untuk Memperluas Jangkauan dan Edukasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kanit Intelkam Polsek Kurima Ditembak OTK, Polri Lakukan Penyelidikan

PEDOMANRAKYAT, YAHUKIMO - Seorang anggota Polsek Kurima, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, diduga menjadi korban penembakan oleh dua orang...

Kolonel Inf Dannie Hendra Hadiri Rapat Strategis DPD RI Bahas RUU Perkotaan

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Pamen Ahli Bidang Ideologi Politik (Idpol) Poksahli Pangdam XIV/Hasanuddin, Kolonel Inf Dannie Hendra, turut serta...

Gandeng Dinkes. Pegawai dan Mitra PLN ULP Tanete Jalani Cek Kesehatan

PEDOMANRAKYAT, BULUKUMBA -- Dalam rangka memperingati Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional, PT PLN (Persero) Unit Layanan...

Mencuri di Toraja, Pria Asal Jatim Diringkus di Kota Makassar Beserta Barang Bukti

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA,' Unit Resmob Polres Toraja Utara Polda Sulsel berhasil mengungkap kasus tindak pidana pencurian dengan pemberatan...