spot_img

Posisi Hilal di Makassar Hanya 1 Derajat Lebih, Muhammad Tonang Harap Umat Saling Menghormati

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Berlangsung di Rooftop Mall GTC Makassar, kegiatan pemantauan hilal wilayah Sulawesi Selatan digelar Kanwil Kemenag Sulsel bekerjasama dengan BMKG wilayah IV Makassar, Pengadilan Agama Sulsel, dan Badan Hisab Rukyat Provinsi Sulsel, sejumlah Perguruan Tinggi Keagamaan serta sejumlah Ormas Islam seperti NU dan Muhammadiyah meski digelar dibawah hujan gerimis, Jumat, 1 April 2022.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kakanwil Kemenag Provinsi Sulsel yang diwakili oleh Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah H. Muhammad Tonang, MUI Sulsel KH. Ruslan, Kepala BMKG Wilayah IV Makassar Irwan Slamet, Ketua Badan Hisab Rukyat (BHR) Sulsel H. Abbas Fadil, UIN Alauddin Makassar, serta Perwakilan Ormas Islam di Sulsel.

Kegiatan Rukyatul Hilal ini juga diliput secara Live (langsung) dari berbagai media cetak dan online, bahkan oleh sejumlah stasion TV Lokal dan Nasional, dan dipantau juga oleh berbagai lembaga seperti dari Lembaga Falakiyah UIN Alauddin Makassar, Universitas Muslim Indonesia (UMI), Unismuh, dan dari lembaga swasta lainnya.

Berdasarkan hasil perhitungan Badan Hisab Rukyat (BHR) Sulawesi Selatan yang disampaikan Abbas Padil selaku Ketua BHR, matahari terbenam di Makassar tanggal 01 April 2022 pada pukul 18.06 Wita dengan ketinggian hilal 1° 46″ (diatas ufuk) dan Lama Hilal 7 Menit, maka menurut Ketua BHR Sulsel Tanggal 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada hari Ahad tanggal 3 April 2022.

Demikian pula pemaparan yang disampaikan oleh Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar Irwan Slamet dengan sumber data astronomi Moon Polynomial Coefficient 2019 didapatkan data ketinggian hilal disekitar wilayah Sulawesi Selatan berkisar 01° 45′ yang berarti 1 Syawal seperti yang telah disampaikan Tim BHR Sulsel jatuh pada hari Minggu 3 April 2022.

Baca juga :  Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Bhabinkamtibmas Mampu Rakor Bersama Babinsa, Ketua RW dan Ketua RT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Jatah Menteri Golkar Lebih Banyak, Pengamat : Wajar, Golkar Partai Koalisi Paling Besar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Partai Golkar pada Pemilu Legislatif finish di urutan kedua perebutan kursi di parlemen serta berhasil...

Gelar Silaturahmi Idul Fitri 1445 H, AIA : Utamakan Kader Gerindra di Pilkada 2024

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Partai Gerindra memprioritaskan kadernya dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah. Entah itu pengurus partai atau pun...

Disambut Hangat Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel, Pj Bupati Enrekang Bangga Hadiri Dua Open House

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE. MM, serta Pj Ketua TP-PKK Enrekang, Siti Rabiah...

Yayasan Pendidikan Tamalatea Makassar Laksanakan Sholat Idul Fitri 2024 Bersama Ribuan Jamaah

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Yayasan Pendidikan Tamalatea Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan sebuah lembaga pendidikan yang telah lama menjadi bagian...