spot_img

Angin Puting Beliung Porak Porandakan Lima Lumbung Padi di Toraja Utara

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, TIKALA – Lima Lumbung Padi/Alang tempat penyimpanan padi di Lingkungan Tu’tungan Biak Utara, Kelurahan Tikala, Kecamatan Tikala, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, terjungkir dan porak poranda akibat terjangan angin puting beliung, Jumat (08/04/2022).

Saat kejadian, selain lumbung padi/alang, ada juga satu rumah adat Tongkonan yang ikut terdampak rusak ringan akibat tiupan angin puting beliung yang sangat kencang.

Salah seorang warga sekitar, Israel Masudi (48) mengatakan, lumbung dan berikut rumah Tongkonan yang rusak adalah milik rumpun keluarga Piter Patanduk (57). Peristiwa ini terjadi pada sore hari sekitar pukul 17.05 Wita,

“Saat kejadian, saya baru pulang dari kota dan beberapa warga sedang berlarian karena angin yang begitu kencang dan seperti hujan mau turun,” tutur Israel.

“Tidak jauh dari lokasi, saya mendengar suara bunyi sambil angin kencang, ternyata lima lumbung yang ada di lokasi tersebut langsung porak poranda dan rusak parah, dan ada yang hancur akibat angin,” kisahnya.

“Saat mendung datang, tiba-tiba angin puting beliung datang langsung merobohkan Alang,” ungkap Israel yang biasa disapa Pong Reli.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kerugian ditaksir mencapai kurang lebih Rp 500 juta.

Setelah kejadian, langsung dilaporkan pemerintah setempat ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Toraja Utara dan menghubungi Babinsa serta Babinkamtibmas setempat. (man)

Baca juga :  Sebulan Dibentuk, Satgas TPPO Polri Sikat 714 Tersangka

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Gelar Halalbihalal di Maros, PENAT Celebes Silaturahim dengan Sejumlah Pecinta Alam dan Edukasi Para Pemula

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Komunitas Pendaki Nafas Tua (PENAT) Celebes kembali menggelar Halalbihalal antar seluruh komunitas Pecinta Alam (KPA)....

Kepala SMPN 5 Sinjai Apresiasi Ujian Sekolah Dengan Pemanfaatan Chromebook

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Mulai hari ini, Senin (22/4/2024) hingga tanggal 27 April 2024 sebanyak 2.969 siswa SMP di...

Zadrak Tanpa Pamrih Melayani Masyarakat Korban Longsor

PEDOMANRAKYAT, MAKALE - Sepekan sudah bencana longsor di Palangka dan Pangra'ta menelan korban jiwa jiwa 20 orang. Bahkan dua...

Majelis Ta’lim To’kaluku Makale Serahkan Bantuan Korban Longsor Pangra’ta

PEDOMANRAKYAT, MAKALE - Majelis Ta'lim Mesjid Baiturrahman To’kaluku, Makale, Minggu (21/4) kemarin serahkan bantuan ke keluarga korban bencana...