spot_img

Pesantren Ramadhan Virtual UMI Bahas “Pentingnya Saling Memaafkan”

Bagikan:

Tanggal:

”Jika dia pernah berbuat salah kepada kita. Disinilah tantangannya, sehingga memaafkan orang lain itu juga akan mendapatkan pahala yang tinggi di sisi Allah Swt,” jelasnya.

Hal ini sangat penting, kata Dr.Kamri Ahmad, SH,MH, karena dengan memaafkan terjalin hubungan baik dengan sesama manusia, sebutnya.

Host M.Ishaq Samad membenarkan pandangan tersebut, sebab dengan memaafkan orang lain menjadikan hati kita tenang, tidak ada beban, dan mudah bergaul dengan siapa saja.

”Jika tidak memaafkan atau tidak saling memaafkan, maka selalu ada beban berat yang dipikul, bahkan akan menjadi perkara nanti di akhirat kelak,” tambahnya.

Rasulullah Saw menjelaskan, orang yang bangkrut di akhirat, adalah orang yang banyak pahala puasanya, shalatnya, sedekahnya, dll, tetapi semua pahalanya tersebut habis dibayarkan kepada orang yang pernah dia sakiti hatinya.

”Jika pahala ibadahnya sudah habis, dan masih ada orang yang sakit hati belum terbayarkan, maka dosanya orang itu ditimpakan kepadanya. Itulah orang yang betul-betul bangkrut di akhirat, karena tidak ada lagi kesempatan kembali ke dunia melakukan amal ibadah,” tambahnya.

Host Nurjannah Abna mengingatkan peserta, agar dapat hadir kembali mengikuti Pesantren Ramadhan Virtual UMI tiap Sabtu dan Ahad, pukul 16.30-17.00 Wita dengan topik dan narasumber yang berbeda. (*).

Baca juga :  Siswa SMP Athirah Diduga Lakukan Aksi Bunuh Diri, AKBP Ridwan : Korban Melompat Dari Balkon Lantai 8

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Aksi DPO ini Berakhir Ditangan Tim Intelijen dan Jaksa Eksekutor Kejari Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Tim Intelijen dan Jaksa Eksekutor Kejaksaan Negeri Makassar, melakukan penangkapan terhadap Daftar Pencarian Orang (DPO)...

Tim Eksternal Diduga Rampas Mobil Milik PT. Amanah Finance

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - PT. Amanah Finance salah satu perusahaan Kalla Group yang berkantor di Wisma Kalla Jl. Dr...

Kajati Sulsel Apresiasi Tim Tabur Berhasil Tangkap 2 Buron Kasus Korupsi dan Penyelundupan BBM

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Tim Tangkap Buron (Tabur) Intelijen Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan berkolaborasi dengan Tim Tabur Kejaksaan Agung...

Ketua DPD JOIN Takalar, Harap RUU Penyiaran Tak Persempit Ruang Kebebasan Pers

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – JOIN (Jurnalis Online Indonesia) Kabupaten Takalar menaruh harapan untuk mempertimbangkan kembali terkait Rancangan Undang-Undang (RUU)...