spot_img

Tahun Ini Pemkab Sinjai Bangun Ratusan Tangki Septik, Ini Lokasinya

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Pemkab Sinjai terus melakukan upaya menciptakan kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat, buktinya pada tahun ini, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun APBN, akan melaksanakan sejumlah pembangunan di bidang sanitasi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Sinjai Ir. H. Taufiq Saleh melalui Kepala Bidang Cipta Karya Muh. Sabri Arsyad saat ditemui di Ruang Kerjanya, Selasa (19/07/2022) mengungkapkan, alokasi DAK di sektor sanitasi ini berkisar Rp 5 Milyar untuk pembangunan tangki septik individual sebanyak 400 unit untuk 400 Kepala Keluarga (KK).

Selain itu, juga akan dibangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) skala komunal sebanyak untuk 50 KK serta satu unit pengolahan sampah atau TPS3R.

Tangki septik individual ini akan dibangun di 8 desa/kelurahan, masing-masing Kelurahan Balangnipa, Biringere, Lappa, Desa Baru, Desa Turungan Baji, Desa Bonto, Desa Batu Belerang dan Desa Bulu Tellue.

Untuk IPAL skala komunal dibangun di dua desa yaitu di Desa Biroro dan Turungan Baji sedangkan 1 unit TPS3R akan dibangun di Desa Bonto Tengnga.

Untuk program sanitasi yang dibiayai oleh APBN dengan anggaran berkjsar Rp. 2,9 milyar digunakan untuk membangun IPAL skala komunal (50-75 KK) di Desa Alenangka serta pembangunan tangki septik skala individual di tiga desa yaitu Desa Palangka, Lasiai dan Duampanuae.

Selain itu, program sanitasi ini juga menyentuh lingkungan pesantren berupa pembangunan IPAL skala komunal yang dilengkapi dengan toilet umum. Kegiatan ini akan diperuntukkan di Pesantren Al insani di Talle, Pesantren Fatul Mubarak di Palae, Pesantren Darul Muttaqin di Mannanti dan Pesantren Wadu Mubarak di Desa Gereccing.

Baca juga :  Tingkatkan Sinergitas, Bhabinkamtibmas Tabaringan Jalin Silaturahmi Dengan Toga dan Tomas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Hardiknas 2024, Transformasi Pendidikan Enrekang Meniti Generasi Kurikulum Merdeka Belajar

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG, – Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sertiap tahun 2024 di halaman...

Catatan Mudik Lebaran 2024 (1) : “Diskriminasi” Kecil di KM Tilongkabila

Pengantar: Wartawan “Pedomanrakyat.co.id” M.Dahlan Abubakar, pada Lebaran 2024 melakukan perjalanan mudik terlama, 14 hari, ke kampung halaman. Dalam lawatan...

Kadis Perindag Sulsel, Resmi Dilantik Jadi Pj Bupati Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Ahmadi Akil, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel akhirnya resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati...

HANURA Enrekang Mulai Jaring Bakal Calon Kepala Daerah untuk Pilkada 2024, Sudah Ada 3 Kandidat

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Enrekang membuka secara resmi pendaftaran calon Bupati dan...