spot_img

Kekuatan Orang Beriman

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Seorang mukmin yang senantiasa menyandarkan segala sesuatunya hanya kepada Allah SWT adalah, mukmin yang kuat. Kuat batin dan jiwanya, sehingga tidak pernah gentar menghadapi hidup dengan berbagai dinamikanya.

Kekuatan seorang mukmin diperoleh karena harapan kepada Allah SWT, sebab seorang mukmin sangat yakin akan perlindungan dari Allah SWT. Lihat QS 57: 4 dan Q. S. 2: 115.

Oleh karena itu, dengan penuh sikap menyandarkan diri kepada Allah SWT, orang mukmin yakin dia tidak maju menghadapi tantangan hidup ini sendirian. Allah SWT adalah sebaik-baiknya tempat bersandar.

Keimanan seorang mukmin menghasilkan harapan. Maka tidak adanya harapan seseorang, merupakan lemahnya keimanannya. Mereka yang tidak berpengharapan adalah mereka yang tidak menaruh kepercayaan kepada Allah SWT. QS 12: 87, mengajarkan agar kita senantiasa berpengharapan kepada Allah SWT.

Seorang mukmin yang baik, seharusnya senantiasa berprasangka baik kepada Allah SWT. Seorang mukmin, hendaknya mencari hikmah dari apa yang terjadi atas diri mereka sebagai kehendak Allah SWT yang tidak akan muspra.

Hal tersebut memang tidak mudah bagi sebagian orang. Apalagi jika seseorang dirundung malang, yang pada saat tersebut mereka kehilangan perspektif kasih Allah SWT dan hikmah Kehendak-Nya.

Agar hal tersebut dapat diatasi, Rasulullah SAW mengajarkan kepada kaum mukmin bacaan wirid tasbih, tahmid, dan takbir.

Tasbih, ialah ucapan mensucikan Allah SWT. Ucapan tasbih adalah upaya membebaskan diri seorang mukmin dari prasangka buruk kepada Allah SWT. Setelah bacaan tasbih, diteruskan dengan bacaan tahmid yang merupakan upaya menanamkan persepsi positif dan optimis kepada Allah SWT.

Baca juga :  Latih Menjadi Calon Wirausaha, Siswa SMPN 1 Sinjai Buat Makanan Olahan Ikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Hari Pertama Kerja, MPP Sinjai Mulai Ramai Pengunjung

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Aktivitas Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sinjai terlihat kembali aktif pascalibur Lebaran 1445 Hijriah, Selasa...

Nihil Hari Kedua Pencarian Dua Korban Palangka

PEDOMANRAKYAT - MAKALE, Pencarian dua orang korban longsor di Palangka, kelurahan Manggau, Senin (15/4) dilanjutkan. Dua korban masih dalam...

Peduli Sesama Warga, Victor Datuan Batara Berikan Sembako Korban Tanah Longsor

PEDOMANRAKYAT, TANA TORAJA.- Lagi lagi Victor Datuan Batara dengan kepeduliannya meninjau langsung lokasi kejadian Bencana tanah longsor dan...

Warga Perantau Serbu Kue Khas Sinjai “Poto-poto”

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Libur lebaran idul fitri 1445 hijriyah, toko oleh-oleh khas Sinjai diserbu oleh warga. Mereka kebanyakan...