spot_img

Fisip Unismuh Gelar Pengajian Rutin Membahas Keutamaan Dzulhijjah dan Fikih Quran

Bagikan:

Tanggal:

Laporan: Nurul Wahyuni Ardi Aktifis Pers Mahasiswa IKOMPOST Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR. – Civitas akademika Fisip Unismuh Makassar kembali menggelar pengajian rutin di ruang Mini Hall Fisip Lt 5 Gedung Iqra Unismuh Makassar, Rabu, 14 Juni 2023. Pengajian rutin ini diadakan sekali dalam sebulan dan biasanya dilaksanakan pada pertengahan bulan berjalan.

Tampil selaku penceramah pada pengajian ini adalah Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, Dr. KH Abbas Baco Miro LC. MA dengan moderator, Wakil Dekan IV Fisip Unismuh Makassar, Dr M Amin Umar, S.Pd.I, M.PdI dengan membawakan tema tentang keutamaan Dzulhijjah dan Fikih Quran.

Dia menjelaskan pada khazanah Islam, kurban disebut dengan kata udlhiyah merupakan bentuk jamak dari kata dlahiyah yangberarti hewan sembelihan, disebut juga nahr (ibadah kurban).

Maksudnya ialah suatu bentuk ibadah kepada Allah dengan mengurbankan atau menyembelih jenis hewan tertentu pada hari-hari tertentu pula sesuai dengan ketentuan syarak.

Pada awal Dzulhijjah ada beberapa amalan utama yang perlu dilakukan yakni; puasa disunnahkan untuk memperbanyak puasa dari tanggal 1 hingga 9 Dzulhijah karena Rasulullah Muhammad SAW mendorong untuk beramal sholeh ketika itu dan puasa adalah sebaik-baiknya amalan sholeh.

Selanjutnya takbir dan dzikir, termasuk amalan sholeh juga adalah bertakbir, bertahlil, bertasbih, bertahmid, beristighfar, dan memperbanyak do’a. Disunnahkan untuk mengangkat (mengeraskan) suara ketika bertakbir di pasar, jalan-jalan, masjid dan tempat-tempat lainnya.

Memperbanyak amalan sholeh, sebagaimana keutamaan hadits Ibnu ‘Abbas menunjukkan dianjurkannya memperbanyak amalan sunnah seperti shalat, sedekah, membaca Al Qur’an, dan beramar ma’ruf nahi mungkar, katanya.

Baca juga :  Bupati Bulukumba Sampaikan Sudut Pandang Baru di Hadapan Mahasiswa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Prodi S3 PVKT Tempatkan Dua Mahasiswanya Sebagai Lulusan Terbaik PPs UNM

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Program Studi Pendidikan Vokasi Keteknikan di bawah pimpinan Prof. Dr. Purnamawati MPd, menempatkan dua orang...

Haru, Muh Zainal Altim Resmi Sandang Gelar Doktor, Coto Makassar dan Pulu’ Mandoti Menemani Prosesi

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Hari Senin, (10/06/2024) kemarin, menjadi momen bersejarah bagi Muh. Zainal Altim, yang telah menyelesaikan sidang...

Resmi Berubah Bentuk, ITBA Al Gazali Barru Launching & Lantik Rektor Pertama

PEDOMANRAKYAT, BARRU - Bila tidak aral melintang launching (memperkenalkan) perubahan bentuk sekolah tinggi ilmu administrasi (STIA) Al Gazali...

SMP Kristen Elim Makassar Tamatkan 21 Siswa-Siswi, Shandrawaty : Sebuah Langkah Untuk Menggapai Impian

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kristen Elim Makassar yang berada dalam naungan Yayasan Perguruan Kristen Toraja...