spot_img

Pengolahan Pakan Ternak, Tim PKM UMI Terapkan Alat Pencacah Rumput Gajah Di Lanna Gowa

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, GOWA — Melalui Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) Universitas Muslim Indonesia (UMI), tim dosen Pengabdian Kepala Masyarakat (PKM), melaksanakan kegiatan di Desa Lanna Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan dengan melakukan penerapan teknologi tepat guna berupa alat pencacah rumput untuk pakan ternak kepada mitra Kelompok Tani Bukit Turaya, Minggu (24/09/2023).

Tim dosen UMI yang diketuai, Ir. Hamri, MT, dari Prodi Teknik Mesin UMI, dengan anggotanya Dr. Ir. Iskandar Hasan, MSc, dari Fakultas Pertanian UMI, dan Ir. Ahmad Amri, MT dari Prodi Teknik Mesin UMI, selain memberikan pelatihan pembuatan alat, juga melaksanakan kegiatan pengaplikasian alat pencacah rumput gajah kepada mitra.

Hamri mengungkapkan, permasalahan masyarakat di Desa Lanna, khususnya pakan ternak, harus dicacah sebelum diberikan ke sapi.
Beberapa kekurangan yang terjadi pada mitra yakni masih terbiasa menggunakan peralatan sederhana. Rumput untuk pakan ternak tersebut masih diolah menggunakan pisau atau parang untuk memotong sehingga kadang terluka bila tidak berhati-hati.

“Kemudian masalah kepraktisan, masyarakat menganggap bahwa penggunaan pisau atau parang lebih praktis dibandingkan dengan menggunakan alat teknologi yang membutuhkan biaya tambahan. Ini karena mitra belum terbiasa terbiasa. Jadi perlu ada contoh nyata dari teknologi tepat guna yang akan digunakan,” ungkapnya.

Berdasarkan hal ini, lanjut Hamri, Tim PKM UMI menerapkan teknologi tepat guna yang dapat dimanfaatkan di bidang pertanian dan peternakan, berupa alat pencacah rumput gajah untuk pakan tenak sapi bagi mitra di Desa Lanna Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Baca juga :  Pimpin Upacara 17-an Bulan April 2023, Kapoksahli Pangdam XIV/Hsn Bacakan Amanat Panglima TNI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

181 Guru di Enrekang Ikut Program PGP Angkatan 11

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Sebanyak 181 guru di Kabupaten Enrekang menjadi sasaran Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan...

Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada Serentak 2024, Satbinmas Polres Pelabuhan Makassar Lakukan Binluh

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Guna mengantisipasi beredar paham-paham yang bertentangan dengan ideologi Bangsa yang bisa mengganggu kamtibmas tahapan Pilkada...

Hadir di Tengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kodingareng Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024

Hadir di Tengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kodingareng Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024 PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sebagai anggota Polri yang...

Monitoring Antisipasi Stunting, Bhabinkamtibmas Melayu Baru Sambangi Posyandu

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Untuk mencegah terjadinya stunting pada balita, Bhabinkamtibmas Polsek Wajo yang bertugas di Kelurahan Melayu Baru...