spot_img

Tujuh Golongan Manusia yang Mendapat Naungan di Padang Mahsyar

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : Asnawin Aminudin (Komisi Kominfo MUI Sulsel / Majelis Tabligh Muhammadiyah Sulsel)

RASULULLAH sallallahu alaihi wasallam pernah ditanya, “Ya Rasul, siapa orang mukmin yang paling utama?” Beliau menjawab, “Yang paling mulia akhlaknya”. Lalu beliau ditanya, “Siapa orang beriman yang paling cerdas?” Beliau menjawab, “Yang paling banyak mengingat mati dan yang baik persiapannya untuk kehidupan setelah mati. Mereka itulah orang-orang yang paling cerdas.” (HR lmam lbnu Majah; No. 4259)

Dalam hadits lain disebutkan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Perbanyaklah kalian mengingat pemutus kenikmatan, yaitu kematian.” (HR. At-Tirmidzi; No. 2307)

Jadi orang yang paling cerdas menurut Rasulullah, yaitu orang yang paling banyak mengingat mati dan mempersiapkan bekal menghadapi kehidupan setelah mati. Maka Rasulullah menyuruh kita memperbanyak mengingat mati, memperbanyak mengingat pemutus kenikmatan yaitu kematian.

Mengapa kita diperintahkan banyak mengingat mati, karena kita semua pasti akan mati. Allah berfirman, “kullu nafsing zaaa-iqatul mauut”, setiap yang bernyawa akan merasakan mati.

Setelah kita mati, kita akan hidup di alam barzakh, di alam kubur, sampai hari kiamat dimana kita semua akan dibangkitkan kembali.

Saat dibangkitkan dari alam kubur, semua manusia dalam keadaan telanjang, tidak memakai alas kaki, tidak ada sehelai benang pun di tubuhnya, tidak dikhitan, seperti saat lahir ke dunia, laki-laki dan perempuan sama.

Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda; “Wahai manusia, sesungguhnya kalian akan dihimpun (pada hari Kiamat) menuju Allâh Azza wa Jalla dalam keadaan tidak beralas kaki, tidak berpakaian, dan tidak dikhitan.”

Baca juga :  Perkuat Silaturahmi Kru Radio Suara Bersatu FM Adakan Buka Puasa Bersama

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Enam Bulan Menjabat, Sederet Program Prioritas dan Unggulan Pj. Bupati Sinjai

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Terhitung enam bulan masa kepemimpinan T.R. Fahsul Falah sebagau Penjabat Bupati Sinjai. Sejak dilantik pada...

37 Siswa SDN 84 Mangarabombang Sinjai Timur Siap Ikuti Ujian Sekolah

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Seluruh satuan pendidikan Sekolah Dasar (SD) di Kabulaten Sinjai akan melaksanakan ujian sekolah bagi sissa...

Pj Bupati Enrekang Hadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-XXVIII 2024 di Surabaya

PEDOMANRAKYAT, SURABAYA – Pj Bupati Enrekang Dr. H. Baba, mengikuti upacara peringatan hari Otonomi Daerah (Otda) ke XXVIII...

Buka Bimbingan Manasik Haji, Sekda Sinjai Harap Jemaah Jaga Kesehatan

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sinjai menggelar bimbingan manasik haji reguler tingkat Kabupaten Sinjai yang berlangsung...