PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - MomPreneur Makassar Sinergi (MMS) Production menggelar webinar Strategi Personal Branding dengan mengusung tema "Menjadi Tenar di Sosial Media Dengan Jago Personal Branding, di Saoraja Ballroom lantai 2 Wisma Kalla, Jl. Dr. Sam Ratulangi No. 8-10, kota Makassar, Minggu pagi (12/11/2023) sekira pukul 09.00 Wita.
Dalam arahannya, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemerintah Kota Makassar Achi Soleman S.STP, MSi mengatakan, output dari kegiatan ini adalah meningkatkan personal branding (merek pribadi, red) bagi para peserta.
"Sesuai tema, hampir seluruh masyarakat menggunakan sosial media, dan salah satu strateginya adalah sistem marketing di sosial media," jelasnya.
Sedangkan tujuan utama dari kegiatan ini adalah peningkatan omset dari para pelaku UMKM.
"Kami berharap yaitu perempuan itu bisa tonji ini sebagai penopang ekonomi keluarga," ucap Achi dengan logat Makassar sembari tersenyum.
Kadis DP3A Kota Makassar itu pun mengaku, untuk meningkatkan ekonomi keluarga tentunya dibutuhkan ketahanan keluarga. Sedangkan ketahanan keluarga itu bisa diperoleh dari peningkatan penghasilan keluarga yang dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga alias IRT, jadi saling bersinergi di dalam keluarga.
Saat ditanya oleh media ini terkait support Pemkot Makassar terhadap kegiatan ini, Kadis Achi Soleman menerangkan, tentunya pemerintah berharap perempuan bisa lebih berdaya lagi dan saat ini Pemkot Makassar juga telah mempermudah layanan khususnya dalam pengambilan izin Perusahaan Rumah Tangga (PRT) dan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi ibu-ibu rumah tangga.
"Mereka ada disini salah satu kekuatannya adalah sinergi, dan belajar tentang personal branding. Nah di personal branding ini diajarkan untuk penerapan strategi yang dilakukan di dalam sosial media," tegasnya.
Kadis berhijab itu pun menuturkan lagi, ini juga mempermudah akses yang akan diberikan, karena kalau dalam tolok ukur gender itu, Pengarusutamaan Gender ada 4 (empat) yaitu, akses, partisipasi, manfaat, dan kontrol.
"Nah, dari sini, mereka akan mendapatkan manfaat dan aksesnya itu akan di permudah, partisipasinya adalah kekuatan perempuan sebagai pelaku UMKM ," tuturnya.
Kalau dari segi pengawalan dalam strategi marketing ini, para peserta tentunya sudah bisa melihat peluang, tantangannya, hambatannya dan bagaimana nanti peluang-peluang yang akan datang.
"Apalagi kalau kita tahu media sosial ini kan kekuatannya sangat besar, jadi mereka tidak perlu jauh-jauh kalau kita lihat testimoninya dari Produk Simpati Lombok Kuning itu pun ternyata itu diperoleh dari keyakinan," beber Achi Soleman.
Urainya lagi, owner Simpati Lombok Kuning itu telah meyakinkan dirinya sendiri yaitu dia bisa.
"Saya yakin juga, setelah mendapatkan pelatihan ini, mereka akan mau lagi mendapatkan pelatihan-pelatihan selanjutnya, karena kita ketahui bersama manfaat kegiatan ini sangat luar biasa. Saya pribadi pun merasakan manfaatnya karena ada pelajaran berharga didalamnya untuk nantinya dishare kepada teman-teman yang lain, sehingga mereka juga punya motivasi dan keyakinan untuk lebih maju lagi, setidaknya perempuan berdaya ada di ruangan ini," pungkas Kadis DP3A Pemkot Makassar Achi Soleman S.STP, MSi. (Hdr-And)