Launching Aplikasi DANGKE, Pj Bupati Enrekang, Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Kinerja PNS

Tanggal:

Follow Pedomanrakyat.co.id untuk mendapatkan informasi terkini.

Klik WhatsApp Channel  |  Google News

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE. MM, secara resmi membuka Sosialisasi dan Bimbingan Teknis terkait penggunaan aplikasi Digitalisasi Absensi dan Kinerja yang disingkat dengan nama Aplikasi (DANGKE), di ruang Pola kantor Bupati, jumat (05/01/2024)

Aplikasi DANGKE tersebut merupakan suatu sistem yang tertuang didalamnya sebagai bentuk kinerja dan pembayaran Tambahkan Penghasilan Pegawai di lingkup Pemkab Enrekang.

Selain itu, Sosialisasi dan Bimtek juga dilakukan penandatanganan pakta integritas bahwa penggunaan Aplikasi "DANGKE" telah resmi di launching.

Hadir dalam undangan, Pj Sekda Enrekang, para Asisten Setda, para staf ahli Bupati, para kepala Perangkat Daerah, dan Camat se kabupaten Enrekang.

Peserta sosialisasi dan Bimtek melibatkan Kasubag umum dan kepegawaian se-kab Enrekang.

Usai buka acara, PJ Bupati di ruang kerjanya, Jumat (05/01/2024) menyatakan, aplikasi DANGKE tersebut, adalah akronim digitalisasi absensi dan kinerja, karena di tahun 2024 ini akan diberikan tambahan penghasilan TPP.

"Ini dalam rangka meningkatkan produktivitas dan disiplin kinerja daripada pegawai. Kita tahu selama ini tingkat kesejahteraan pegawai memang agak rendah," tegasnya.

Menurutnya, Itu terpengaruh terhadap produktivitas kerja sehari-hari, sehingga alternatif adalah memberi tambahan penghasilan. Tambahan penghasilan ini, tentu juga pengaruh pada reward dan punishment. Sehingga ketika berprestasi akan diberikan Reward, tetapi bila  tidak maka akan diberikan punishment (hukuman).

"Diharapkan dengan adanya Tambahan Penghasilan Kinerja atau TPP ini, produktivitas kinerja mereka dan pelayanan ke publik akan semakin baik," harapnya.

Sementara itu, M. Natsir, yang menjabat sebagai Account Manager, di Afila Media Karya (AMK) sebuah perusahaan yang menangani Aplikasi DANGKE, menjelaskan bahwa aplikasi DANGKE ini adalah Aplikasi yang digunakan untuk semua Pegawai di Kabupaten Enrekang, jadi semua PNS di daerah ini menjadi sasaran penggunaan Aplikasi DANGKE.

Baca juga :  Siap Tempur, Satgasla TNI AL Apel Gelar Pasukan PAM VVIP Presidensi G20

"Kebetulan Pak Bupati kemarin mengeluarkan kebijakan bahwa akan diberikan tambahan penghasilan bagi pegawai negeri, itu berbasis sistem, yang bisa mengatur terkait kedisiplinan dan kehadiran termasuk kinerja," katanya.

Jadi aplikasi DANGKE itu digunakan untuk pegawai yang menerima TPP, untuk melakukan absensi di HP masing-masing dan di lokasi kantor masing-masing.

Ia menambahkan, jika aplikasi tidak dapat beroperasi, tersedia dua metode yang dapat digunakan. Pertama, ada metode aplikasi berbasis mobile yang dapat diakses baik di Android maupun iPhone. Kedua, adalah platform berbasis website jika sebahagian besar user akan mengakses aplikasinya melalui perangkat seluler mereka.

"Setiap SKPD, juga memiliki admin yang ditentukan untuk melaporkan masalah jika aplikasi tidak dapat beroperasi," jelas Account Manager. (syafar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kualifikasi Piala Asia U23 2026 Grup J: Korea Puncaki Klasemen Grup, Kalahkan Indonesia 1-0

PEDOMANRAKYAT, SIDOARDJO - Tim nasional U-23 Korea Selatan merebut poin sempurna di Grup J Kualifikasi Piala Asia 2025,...

Pemkab Mamasa Gelar Turnamen Sepakbola, Begini Sambutan Bupati

PEDOMANRAKYAT, MAMASA - Dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional( HAORNAS) yang ke-42 tahun ini, Pemerintah Kabupaten Mamasa menggelar...

Astra Gulirkan Beasiswa dan Smart Projector untuk SMKN 1 Maros

PEDOMANRAKYAT, MAROS – Sebagai tindak lanjut program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), Astra Credit Companies (ACC) bersama Asuransi...

Dorong Layanan Lebih Responsif dan Berkualitas, Diskominfo gelar FKP

PEDOMANRAKYAT, PINRANG – Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kominfosandi) Pinrang menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) terkait Evaluasi Standar...