spot_img

Drama Tari Tumanurung Bainea Ri Tamalate Akan Tampil di Kutai Festival Budaya Nusantara (KFBN) 2024, “Dari Segi Koreografi”

Bagikan:

Tanggal:

(Bagian Ketiga)

Oleh: Rachim Kallo (Sekretaris LAPAKKSS)

TIM koreografi dan penari dari pertunjukan drama tari “Tumanurung Bainea Ri Tamalate” dari Lembaga Pengembangan Kesenian dan Kebudayaan Sulawesi Selatan (LAPAKKSS) tengah menjalani persiapan intensif menjelang penampilan mereka di Kutai Festival Budaya Nusantara yang akan berlangsung di Tenggarong pada 8 – 13 Juli 2024. Drama tari yang menggambarkan legenda Tumanurung, sosok legendaris yang membawa peradaban ke kerajaan Gowa di perkirakan pada tahun 1320-1345.

Dr. Nurlina Syahrir, M.Hum, koreografer, pun memimpin latihan bersama sutradara dengan tekad kuat untuk memberikan penampilan terbaik.

“Kami ingin memastikan setiap gerakan, ekspresi, dan nuansa dalam drama tari ini bisa menghidupkan kembali cerita Tumanurung agar penonton dapat memahami cerita tersebut,” ujar Nurlina yang juga seorang akademisi UNM. Latihan diadakan setiap hari, dengan durasi hingga tiga jam, untuk menyempurnakan koreografi yang menggabungkan elemen tari, dan teater tradisional Makassar.

Setiap penari memainkan peran penting dalam menyampaikan narasi drama tari ini. Mereka berlatih tidak hanya untuk menyinkronkan gerakan, tetapi juga untuk memahami dan menghayati cerita yang ingin disampaikan. Kostum yang dipakai mencerminkan kepribadian karakter yang diperankan, sekaligus menghormati tradisi busana kerajaan Gowa, termasuk property yang digunakan para penari.

Musik pengiring, Saudara Haeruddin Ahar dengan Naslang untuk pertunjukan ini, juga menjadi fokus dalam latihan. Kolaborasi antara tim musik dan penari bertujuan untuk menciptakan harmoni sempurna antara gerakan dan irama, menambah kedalaman emosional pada setiap adegan.

Baca juga :  Layani Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Stand Dinkes Sinjai Dipadati Warga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Sekretaris Dinas Pendidikan Sulsel Tutup MPLS SMAN 2 Selayar

PEDOMANRAKYAT, SELAYAR - Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru SMA, SMK, dan SLB negeri di...

Pasar Semen Dalam Negeri Over Suplay

Laporan H.Manaf Rachman Produksi semen di dalam negeri hingga pertengahan 2024 mengalami kelebihan atau over suplay sebesar 60 persen dan...

Penutupan KFBN 2024 Meriah di Kutai Kartanegara

Laporan : Rachim Kallo ACARA penutupan Kutai Festival Budaya Nusantara (KFBN) 2024 berlangsung meriah di depan Kantor Bupati Kutai...

Piala Copa America 2024: La Celeste Rebut Juara III via Adu Penalti

PEDOMANRAKYAT, AMERIKA SERIKAT. La Celester, julukan tim nasional Uruguay juara Piala Copa America 15 kali, merebut juara III...