Dari Sleman, Mahasiswa dan Pelaku IKM Meramu Nilai Produk untuk Tarik Wisatawan

Tanggal:

Follow Pedomanrakyat.co.id untuk mendapatkan informasi terkini.

Klik WhatsApp Channel  |  Google News

PEDOMANRAKYAT, SLEMAN – Industri kecil dan menengah di Sleman tengah bergerak mengubah wajahnya. Bukan sekadar memproduksi barang, para pelakunya kini mulai menggali nilai-nilai yang terkandung dalam produk lokal sebagai daya tarik bagi wisatawan. Ini bukan hanya soal jualan, tetapi soal narasi dan solusi.

Sebanyak 40 pelaku IKM dari berbagai penjuru Sleman berkumpul dalam sebuah workshop bertajuk “Strategi IKM dalam Menaikkan Value Produk agar Menjadi Daya Tarik Wisatawan”, yang digelar Rabu, 25 Juni 2025.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Magister Ilmu Komunikasi (Mikom) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta dan Rumah Kreatif Sleman (RKS), serta digelar di gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Deskranasda) Sleman.

“RKS harus menjadi simpul utama dalam ekosistem UMKM daerah. Peran pembinaan tak bisa berhenti pada pelatihan teknis produksi, tapi harus menyentuh aspek komunikasi dan branding,” kata Herry Murthala, Konsultan IKM Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman, dalam sambutan pembukaan acara.

Sesi seminar dipandu Emiliana Maulida, perwakilan Mikom UPNYK sekaligus anggota IKM, yang mempertemukan dua perspektif yaitu, akademik dan praktis.

Pembicara pembuka, Cecelia Dwi W., praktisi pemasaran sekaligus mahasiswa Mikom, menekankan, nilai sebuah produk tidak cukup berhenti pada fungsi, melainkan harus menjawab permasalahan nyata dan kebutuhan emosional konsumen, terutama wisatawan.

Materi utama disampaikan oleh Dr. Kiki Gumelar, pendiri Chocodot alias cokelat khas Garut yang melejit ke pasar internasional.

Dengan pendekatan lugas dan naratif, Kiki membagikan kisah jatuh bangun membesarkan merek lokal hingga menjadi simbol kreativitas berbasis budaya.

“Saya mulai dari pertanyaan sederhana, masalah apa yang bisa diselesaikan oleh produk saya?. Dari sana lahir inovasi,” ujar Kiki di hadapan peserta yang menyimak sambil mencatat.

Baca juga :  Santri Wal Ashry Berpetualang di Gunung Sakeang, Menambah Pengalaman dan Kebersamaan

Bukan hanya mendengar, para peserta pun diajak mengerjakan lembar kerja yang dirancang untuk mengidentifikasi masalah konsumen, menggali solusi, dan menyusun kalimat promosi berbasis problem-solution-value.

1
2TAMPILKAN SEMUA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Sekda Sinjai: Peta Proses Bisnis Jadi Instrumen Penting Tingkatkan Pelayanan Publik

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sinjai, Andi Jefrianto Asapa membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Peta...

PNUP Benahi Akses SDN 79 Mambue dengan Paving Ramah Lingkungan

PEDOMANRAKYAT, MAROS – Masalah klasik jalan becek dan berlumpur di depan SDN 79 Mambue akhirnya tuntas. Jalan tanah...

Tim Dosen PNUP Atasi Genangan Air di SDN 79 Mambue dengan Paving Block Ramah Lingkungan

PEDOMANRAKYAT, MAROS — Tim dosen Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) menerapkan teknologi paving block berpori untuk mengatasi persoalan...

Dua Warga Luat Unterudang Terkena Panah, Warga Luat Unterudang Minta Kapolda Sumut Copot Kapolres Padang Lawas

PEDOMANRAKYAT, PADANG LAWAS - Warga Luat Unterudang yang melakukan aksi menginap di PT Barapala diserang oleh puluhan oknum...