PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Wakil Bupati Sinjai Andi Mahyanto Mazda secara resmi menutup kegiatan Showcase Pameran UMKM bertajuk "Local Digital Heroes" yang digelar atas kerja sama Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai, PT Pelindo Regonal 4, serta lembaga pendidikan El Matra, Selasa (4/11/2025) di Auditorium Andi Azikin.
Acara yang berlangsung selama 21 hari ini sukses menampilkan berbagai produk unggulan UMKM Sinjai dari sektor kuliner, kerajinan tangan, fashion, hingga olahan hasil laut. Kegiatan ini juga menjadi wadah pembelajaran dan kolaborasi antara pelaku usaha dengan dunia pendidikan dan sektor industri.
Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sinjai Andi Mahyanto Mazda menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata dari kolaborasi yang luar biasa dalam rangka mendorong transformasi digital dan penguatan daya saing UMKM di era digitalisasi ekonomi saat ini.
Menurutnya, melalui program Local Digital Hero ini, para pelaku UMKM telah dibekali pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi digital mulai dari promosi produk, manajemen keuangan digital, hingga strategi konten untuk menarik minat pasar yang lebih luas.
"Kepada PT. Pelindo Regional 4 dan Lembaga Pelatihan El Matra, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya atas kepedulian dan kontribusi dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal di Kabupaten Sinjai. Sinergi seperti inilah yang kita harapkan terus berlanjut, agar semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaat dari program kemitraan antara dunia usaha dan pemerintah daerah," jelasnya.
Kepada seluruh peserta pelatihan, Wakil Bupati berharap ilmu dan keterampilan yang diperoleh dapat diterapkan dengan baik, menjadi bekal untuk mengembangkan usaha, serta mendorong kemandirian dan kesejahteraan keluarga.
Andi Mahyanto juga berharap showcase “Local Digital Heroes” menjadi momentum kebangkitan UMKM Sinjai dalam menghadapi persaingan global, serta mendorong terciptanya pelaku usaha lokal yang inovatif, kreatif, dan melek teknologi.
Ketua Panitia Pelaksana Andi Adli Mappudji menyampaikan bahwa kegiatan ini berlangsung selama 21 hari dengan melibatkan 35 peserta terpilih dari berbagai kecamatan di Kabupaten Sinjai yang memiliki semangat untuk belajar, berinovasi, dan mengembangkan usaha berbasis teknologi digital.
Peserta telah mendapatkan materi seputar, branding dan storytelling produk lokal, desain konten & foto produk digital, strategi pemasaran online dan marketplace, legalitas usaha serta pengelolaan bisnis digital.
Melalui kegiatan ini, diharapkan lahir generasi muda Sinjai yang kreatif, adaptif, dan mampu mengelola potensi lokal secara profesional melalui platform Pasar Digital Sinjai.
Kegaiatn ini turut dihadiri oleh Deneral Manager PT. Pelindo Cabang Makassar Iwan Syarifuddin, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Andi Irwansyahrai, para Staf Ahli Bupati, dana para Kepala OPD Lingkup Pemkab Sinjai. (Aan)

                                    