spot_img

Hilangkan Stres dengan Berkebun, Tim PKM Unhas Gandeng YKAKI Makassar Adakan Gardening Theraphy

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Gardening Theraphy atau terapi berkebun adalah sebuah program terapi yang dirancang oleh Tim PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) dari Universitas Hasanuddin untuk mengurangi rasa stres dan kejenuhan yang dialami anak penderita kanker.

Program ini telah dijalankan sejak Bulan Juni hingga September 2022 di YKAKI (Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia) Makassar. Kegiatan yang dilakukan didasarkan pada Teori Psiko Evolusi perspektif Ulrich yang menyebutkan bahwa interaksi dengan alam hijau dapat memberi efek teraupetik yang berdampak positif bagi emosi.

Bukan hanya itu, dalam 77 studi serupa yang dilakukan di berbagai negara termasuk Jepang, Amerika Serikat, Brazil, Korea Selatan dan berbagai negara lainnya juga membuktikan bahwa kegiatan berkebun dapat merekonsiliasi pikiran dan mental para penderita penyakit kronis.

Hasil dari studi-studi tersebut kemudian dijadikan pedoman utama untuk menurunkan kejenuhan dan kecemasan bagi anak penderita kanker di YKAKI Makassar.

Program ini dijalankan oleh lima orang mahasiswa Universitas Hasanuddin yaitu, Rizqy Ashabul Yamin, Muhammad Nurichsan Gazali, Muhammad Iqbal Amin, Muhammad Thalib dan Nurul Wahyuni dengan dosen pendamping yaitu Nurjannah Abdullah, SIP, MA.

Sebelum melangsungkan program, dilakukan beberapa persiapan seperti melengkapi alat dan bahan yang dibutuhkan, konsultasi dengan dosen pendamping dan pembuatan mini-garden.

Mini-garden yang dimaksud merupakan greenhouse sederhana berisi instalasi hidroponik dengan tanaman sayuran. Selain itu, disediakan pula tanaman hias dalam pot untuk menambah nilai estetika dari mini-garden.

Untuk proses penanaman, perawatan hingga panen dilakukan oleh anak penderita kanker dan orang tuanya. Dengan melakukan kegiatan seperti menanam, merawat dan memanen tanaman, maka interaksi antara anak sebagai subjek terapis dengan tanaman sebagai media terapis, sehingga stres, kecemasan dan kejenuhan yang dialami oleh anak penderita kanker dapat berkurang.

Baca juga :  Beri Rasa Aman, Personel BKO Pengamanan Pasar Butung Lakukan Patroli Harkamtibmas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pj Bupati Pimpin Langsung Upaya Penanganan Darurat Bencana Banjir Bandang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Dalam rangka percepatan penanganan bencana banjir bandang yang melanda Kabupaten Enrekang dan sekitarnya, Pemerintah Kabupaten...

Kejaksaan Negeri Enrekang Lakukan Pelimpahan Perkara Tahap II Atas Kasus Kekerasan Seksual

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Kejaksaan Negeri Enrekang menggelar press release di Kantor Kejaksaan Negeri Enrekang terkait Pelimpahan Perkara (Tahap...

Pj Bupati Dr. H Baba Resmi Lepas Kontingen Kafilah Kabupaten Enrekang Untuk MTQ Provinsi Sulsel ke-33

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang Dr. H. Baba, secara resmi melepas kontingen Kafilah Kabupaten Enrekang, di Ruang...

AKP Sukri Lepas Jabatannya, Kapolres Pinrang Ambil Alih Tugas sebagai Kapolsek

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Kapolres Pinrang, AKBP Andiko Wicaksono memimpin langsung kegiatan penyerahan dan pelepasan jabatan Kepala Kepolisian Sektor...