Catatan dari Pelatihan Produksi Konten Dakwah Digital Muhammadiyah : Generasi Muda Mencari Konten Dakwah yang Lebih dari Sekadar Hiburan (Ketiga)

Tanggal:

Follow Pedomanrakyat.co.id untuk mendapatkan informasi terkini.

Klik WhatsApp Channel  |  Google News

Oleh: Asnawin Aminuddin (Majelis Tabligh Muhammadiyah Sulsel)

PELATIHAN Produksi Konten Dakwah Digital yang diadakan Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Yogyakarta, 1-3 Desember 2023, menghadirkan Ismail Fahmi PhD sebagai pemateri.

Ismail Fahmi yang kelahiran Bojonegoro tahun 1974, adalah Founder PT Media Kernels Indonesia, a Drone Emprit Company, Inisiator Indonesia DLN (Digital Library Network pertama di Indonesia), Mengembangkan Ganesha Digital Library (GDL), dan Mendirikan Knowledge Management Research Group (KMRG) ITB.

Lulusan S1 Teknik Elektro ITB Bandung, S2 dan S3 Information Science, Universitas Groningen, Belanda, sekarang Dosen Tetap Magister Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia (UII).

Dalam kepengurusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Ismail Fahmi masuk pengurus Majelis Pustaka, Informasi, dan Digital, sedangkan di Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, ia juga masuk di Komisi Kominfo.

Pada Pelatihan Produksi Konten Dakwah Digital di Yogyakarta, Ismail Fahmi membawakan materi “Pemanfaatan Media Sosial untuk Kegiatan Tabligh Muhammadiyah.”

Dia mengatakan, fenomena yang terjadi saat ini yaitu masyarakat yang berubah dalam perspektif ekonomi. Pertumbuhan ekonomi masyarakat jarang dikaitkan dengan kecenderungan beragama dan tingkat spiritualitasnya.

“Dalam konteks masyarakat Indonesia, melihat korelasi antara pertumbuhan ekonomi dengan kecenderungan beragama ini menjadi sangat penting, karena kekhususan konteksnya, terutama fenomena munculnya new born muslims atau komunitas hijrah,” kata Ismail.

Kemudian dari hijrah ke healing. Saat ini terdapat kecenderungan perubahan dalam perilaku beragama yang cukup signifikan.

“Jika tradisionalnya keberagamaan seringkali dikaitkan dengan kepatuhan terhadap dogma dan ritual keagamaan yang formal, masyarakat modern cenderung mengeksplorasi sisi spiritual yang lebih personal dan inklusif,” papar Ismail.

Masyarakat sekarang cenderung individualisme dan personalisasi. Orang-orang di zaman modern lebih menekankan pada “perjalanan spiritual pribadi” dibanding sekadar mengikuti aturan dan dgma keagamaan secara mekanis. Kecenderungan untuk melakukan fatwa shopping.

Baca juga :  Penyidik Kejari Wajo Tetapkan Kades Sakkoli Sebagai Tersangka Pengadaan Tanah Irigasi Gilireng

Orang-orang modern juga berada pada situasi pluralisme dan toleransi. Adanya akses informasi yang luas membuat masyarakat lebih terbuka terhadap berbagai tradisi dan kepercayaan lain.

Orang merasa atau bahkan menggabungkan elemen dari berbagai tradisi keagamaan atau spiritual.
Kemajuan teknologi juga berpengaruh terhadap spiritual orang-orang modern. Media sosial, aplikasi, dan platform online lainnya menyediakan sarana baru untuk praktek spiritual.

“Orang-orang sekarang bisa mengakses konten keagamaan dan spiritual dari seluruh dunia, berpartisipasi dalam komunitas online, atau bahkan mengikuti ibadah dan meditasi secara virtual,” ungkap Ismail.

Fenomena lain yaitu fleksibilitas ritual. Dalam masyarakat modern, kekakuan dalam menjalankan ritual keagamaan mulai ditinggalkan. Misalnya, beberapa orang memilih untuk bermeditasi sebagai bentuk doa atau mengikuti yoga sebagai bagian dari perjalanan spiritual mereka.
Ada juga yang memilih untuk mengambil elemen dari berbagai tradisi keagamaan atau filosofi untuk menciptakan sistem kepercayaan yang unik dan personal.

Mereka mungkin tidak mengidentifikasi diri dengan satu agama atau tradisi secara eksklusif tetapi merasa nyaman mengambil aspek tertentu dari berbagai tradisi.

Orang-orang modern kemudian menyelaraskan dengan ilmu pengetahuan. Beberapa orang mencoba untuk menemukan titik temu antara kepercayaan spiritual dan pemahaman ilmiah.

“Misalnya, konsep seperti kesadaran, energi, dan keberlanjutan lingkungan, seringkali dibahas dalam konteks yang merangkul, baik keagamaan maupun ilmu pengetahuan,” kata Ismail.

Pertanyaannya, bagaimana strategi dakwah Muhammadiyah di zaman modern dan di era digital saat ini?

“Strateginya yaitu Muhammadiyah butuh tokoh yang akan ditampilkan, selanjutnya menentukan topik dakwah, medium dakwah, serta target yang akan dicapai,” kata Ismail.

1
2TAMPILKAN SEMUA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Mengaku Lajang Saat Menikah, Oknum Kadis Pariwisata Tapanuli Utara Dilaporkan Ke Polda Sumut

PEDOMANRAKYAT, MEDAN - Oknum Kepala Dinas Pariwisata Tapanuli Utara berinisial SHS dilaporkan oleh Elsa Lorenza (29).Laporan itu teregister...

Kredibilitas Bupati Deli Serdang Terancam Akibat Arogansi Oknum Pejabat Pertanian

PEDOMANRAKYAT, DELI SERDANG - Kredibilitas Bupati Deli Serdang, Asriludin Tambunan, kini dipertaruhkan akibat tindakan sewenang-wenang MR Siregar, Plt....

Mentan Amran Laporkan Percepatan Program Swasembada Pangan Ke Presiden Prabowo

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melaporkan percepatan program pencapaian swasembada pangan dalam Rapat Terbatas...

“Politik Ranjang” Gowa dalam Proses Islamisasi di Bima • Aksa Raih Doktor “Sangat Memuaskan” di UIN Alauddin

Keterangan foto: Dr.Aksa, S.Pd., M.Pd. dan istri (tengah) usai sidang promosi doktor di UIN Alauddin Makassar, Senin (25/8/2025)....