spot_img

Terima Aspirasi FPR, Andi Januar : Penyelesaiannya Harus Melalui RDP Agar Bisa Panggil Semua Pihak Terkait

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dari Fraksi Demokrat, Andi Januar Jaury Dharwis, SE menerima aspirasi dari Front Perjuangan Rakyat (FPR) yang menuntut terkait penggusuran rumah warga di pesisir pantai Merpati, Kabupaten Bulukumba.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, FPR yang merupakan akronim dari Front Perjuangan Rakyat, menggelar aksi demonstrasi di DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, pada Selasa 08 Maret 2022.

Menurut Januar Jaury, sesaat setelah menerima aspirasi dari FPR, penyelesaian masalah ini harus melalui RDP alias Rapat Dengar Pendapat, agar bisa memanggil semua pihak yang terkait, meskipun sebenarnya ruang pesisir yang dimaksud itu merupakan kewenangan Kabupaten/Kota.

“Kewenangan Provinsi itu hanya sempadan pesisir sepanjang 100 meter dari pasang terendah, lalu dari pasang terendah ke arah 12 mil laut lepas,” jelasnya di depan pengunjuk rasa yang memenuhi pelataran Kantor DPRD Sulsel, Selasa (08/03/2022).

Aktifitas pembangunan yang dilakukan oleh Pemkab Bulukumba di pesisir pantai Merpati itu berdampak pada penggusuran terhadap rumah warga, yang harus diketahui sebagai dasar adalah apakah tanah tersebut milik Negara, dalam hal ini Pemkab Bulukumba ?

Kita juga harus melihat, pemerintah Kabupaten Bulukumba melaksanakan pembangunan dalam rangka untuk mengoptimalkan kebijakan dibidang pariwisata, yang ujung-ujungnya akan memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat sekitar.

“Bisa jadi mereka yang tergusur itu, akan terberdayakan oleh iklim yang tercipta akibat pembangunan tersebut,” tukas Andi Januar Jaury.

Lanjutnya, hal ini tidak tersosialisasi dengan baik, sehingga masyarakat menganggap mereka diusir dari tempat mereka berdiam selama ini, meskipun tanah tersebut bukan miliknya. Jadi mereka itu tidak diberitahu apa yang akan dibangun di tempat tersebut dan apa manfaatnya buat masyarakat sekitar.

Baca juga :  Posko Peduli Daeng Manye Diresmikan, Hadirkan Artis Penyanyi Ternama

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Rindu Sirine Kebakaran, Pria Ini Bertaubat Teken Surat Perjanjian

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Prank atau sebuah tindakan lelucon dilakukan oleh seorang yang tidak bertanggung jawab menjahili satuan pemadam...

Peringati Hardiknas, Dinas Pendidikan Sinjai Adakan Lomba Tingkat PAUD

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai melaksanakan berbagai lomba Tingkat...

Kadis Pendidikan Luwu Buka Lokakarya Panen Hasil Program Guru Penggerak Angkatan 9

MAKASSARCHANNEL, BELOPA - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Luwu Andi Palanggi SSTP membuka Lokakarya 7 Program Pendidikan...

Ikut Reuni Akbar Alumni SMAKARA, Peserta Luar Kota Makassar Diberikan Harga Khusus Menginap di Sejumlah Hotel

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Seluruh alumni lintas angkatan SMA Katolik Rajawali (SMAKARA) yang datang dari luar Kota Makassar untuk...