spot_img

Berpikir Tingkat Tinggi Di Era 4.0

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : Syamsidah; Jusniar; Ratnawati.T

(Dosen Fakutas Teknik Universitas Negeri Makassar)

BERPIKIR Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) HOTS adalah salah satu jawaban dari permasalahn luaran pendidikan yang selama ini dikeluhkan oleh masyarakat, terutama pengguna tenaga kerja, keluhan bahwa luaran pendidikan kita miskin dalam hal kemampuan berkreasi dan berinovasi.

Meski pintar dan nilai akademiknya bagus, tetapi cenderung menghafal dan monoton dalam berpikir, sehingga dalam melakukan pekerjaan selalu menunggu perintah dan tidak punya inisiatif, akibatnya sulit melakukan perencanaan sendiri, melaksanakan sendiri pada gilirannya tentu saja kurang mandiri.

Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) HOTS sebagaimana dikemukakan oleh (King, et al., 2016)., (Sani, 2019) adalah penggunaan pikiran secara luas untuk menemukan tantangan baru. menerapkan informasi baru atau pengetahuan sebelumnya dan memanipulasi informasi untuk menjangkau kemungkinan jawaban dalam situasi yang baru.

Bagaimana upaya untuk menghasilkan luaran pendidikan yang bisa berpikir HOTS ?,  salah satunya adalah melalui pendidikan dan proses pembelajaran yang menggunakan model Flipped Classroom.

Sebagaimana diketahui bahwa model pembelajaran Flipped Classroom disebut juga sebagai pembelajaran kelas terbalik, kenapa terbalik?, karena aktifitasnya dimulai dari rumah, berbeda dengan pembelajaran tradisional yang basis aktifitasnya dimulai dari sekolah (Bergman & Sams, 2012).

Dalam pembelajaran tradisional, siswa diberi materi oleh guru dalam bentuk ceramah atau diskusi kelompok selanjutnya diberi pekerjaan rumah dan keesokan harinya/ minggu depan dikumpul.

Model pembelajaran flipped classroom, justru terbalik, peserta didik mempelajari dan menganalisis materi pelajaran di rumah melalui media inovatif Video, atau E-Book.

Baca juga :  Gubernur Sulsel Dijadwalkan Hadiri Puncak Hari Jadi Sinjai, Warga Akan Dihibur Padi Reborn

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Ribuan ASN Pinrang Hadiri Pelepasan Masa Jabatan Bupati – Wakil Bupati Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Di tengah derasnya guyuran hujan, acara pelepasan masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Pinrang periode...

Nelayan Sinjai Diminta Tetap Waspada, Meski Tinggi Gelombang Normal

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Meski cuaca diwilayah daratan Kabupaten Sinjai mengalami perubahan yang ekstrem dengan curah hujan yang cukup...

Kapolres Enrekang Ungkap Operasi Narkoba, 3 Pohon Ganja Ditemukan

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG - Kepala kepolisian resor (Kapolres) Enrekang AKBP Dedi Surya Dharma, SH, S.IK, MM mendatangi TKP ditemukannya...

Pj Bupati Enrekang Bersama Tim dan Masyarakat Tinjau Jembatan Amblas di Kampung Lemo

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Jembatan sepanjang 6 meter, dan lebar 4 meter yang terletak di Kampung Lemo, Kelurahan Tominawa,...