spot_img

Titik Dalam Huruf Arab

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Awalnya, abjad dalam Bahasa Arab yang dikenal dengan huruf hijaiyah tidak mempergunakan titik, sehingga huruf qaf sama dengan fa dan wauw, nun sama dengan ba, ta, dan tsa.

Suatu hari, Amir al- Mukminin, Umar ibn al-Khattab, mengutus seorang untuk sebuah urusan kepada gubernurnya yang memerintah di wilayah Bagdad. Utusan tersebut dibekali selembar surat yang berbunyi; aqbil hu, yakni tolong terima orang ini.

Gubernur Bagdad merasa aneh dengan isi surat tersebut dikarenakan tidak ada titik yang tertera pada huruf qaf dan ba, hingga sang gubernur membacanya dengan uqtul hu atau bunuhlah dia.

Sang gubernur sangat ragu untuk membunuh utusan yang dikirim oleh Amir al- Mukminin kepadanya, karena penampilan utusan tersebut rapi, tutur katanya sopan, dan jujur. Untuk menghindari salah paham, sang gubernur segera mengirim utusan kepada Amir al-Mukminin perihal pesan yang dikirimnya lewat sang utusan.

Amir al- Mukminin membaca surat yang di kirim oleh gubernurnya, “Saya ragu mengapa Amir al-Mukminin meminta saya untuk membunuh seorang utusan, yang dari penampilannya nampak seorang yang baik, dan tidak memiliki kesalahan sama sekali.”

Betapa terkejutnya Amir al-Mukminin setelah membaca surat tersebut, lalu dengan segera membalas isi surat yang di kirim oleh salah seorang gubernurnya. Umar menulis, “Aku menyuruhmu untuk menerima utusan pribadiku itu dengan baik. Sama sekali aku tidak memerintahkanmu untuk membunuh utusan tersebut, yang merupakan salah seorang kepercayaanku.”

Baca juga :  Hadiri GPH, Bupati Irwan Dialog dengan Petani

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Catatan Mudik Lebaran 2024 (1) : “Diskriminasi” Kecil di KM Tilongkabila

Pengantar: Wartawan “Pedomanrakyat.co.id” M.Dahlan Abubakar, pada Lebaran 2024 melakukan perjalanan mudik terlama, 14 hari, ke kampung halaman. Dalam lawatan...

Kadis Perindag Sulsel, Resmi Dilantik Jadi Pj Bupati Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Ahmadi Akil, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel akhirnya resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati...

HANURA Enrekang Mulai Jaring Bakal Calon Kepala Daerah untuk Pilkada 2024, Sudah Ada 3 Kandidat

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Enrekang membuka secara resmi pendaftaran calon Bupati dan...

Pj Bupati Pimpin Langsung Upaya Penanganan Darurat Bencana Banjir Bandang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Dalam rangka percepatan penanganan bencana banjir bandang yang melanda Kabupaten Enrekang dan sekitarnya, Pemerintah Kabupaten...