spot_img

Justly Balanced

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

QS 2: 143, menegaskan bahwa kaum muslimin dijadikan oleh Allah SWT sebagai golongan menengah, agar menjadi saksi atas sekalian manusia, sebagaimana Rasulullah SAW akan menjadi saksi bagi kaum beriman sendiri.

Wasith, berasal dari Bahasa Arab, yang berarti penengah dari dua kelompok jika keduanya berselisih, yang kemudian diadopsi menjadi bahasa Indonesia wasit.

Sebagai ummatan wasathan, kaum beriman dianjurkan senantiasa bertindak sebagai wasit dan saksi dalam pergaulan di antara sekalian umat manusia. Sebagai wasit, kaum beriman dianjurkan senantiasa bertindak adil, sebab keadilan sebagai sikap dan wawasan adalah prasyarat mutlak bagi sahnya peran wasit.

Suatu hal yang menarik adalah, perkataan Arab adil yang berintikan sikap menengahi, dalam arti sikap secara a priori memihak salah satu dari dua atau lebih kelompok yang berselisih, melainkan dengan teguh mempertahankan kebebasan untuk menilai yang benar sebagai benar dan salah sebagai salah.

Allah SWT merancang kaum beriman sebagai kelompok menengah yang berarti bahwa kaum Muslimin harus memelihara kemampuan yang tinggi untuk mengakui kebenaran mereka yang benar di kalangan umat manusia, serta menyalahkan mereka yang salah. Dengan kata lain, kaum beriman harus selalu bersikap fair, jujur, obyektif, tidak didorong oleh sikap like- dislike.

Berkaitan dengan hal tersebut, Ali RA pernah mengingatkan kepada kita semua, “Perhatikanlah yang dikatakan orang, jangan memperhatikan siapa yang mengucapkannya.”

Sebab sekali kita lebih banyak memperhatikan siapa yang mengatakan dan bukannya substansi apa yang dikatakannya, maka sangat besar kemungkinan kita akan dikuasai oleh perasaan like-dislike terhadap orang tersebut dan kita kehilangan perspektif keadilan.

Baca juga :  Prof. Rahman Penguji Eksternal Promosi Doktor Di Pascasarjana UMI Makassar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pj Bupati Enrekang Hadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-XXVIII 2024 di Surabaya

PEDOMANRAKYAT, SURABAYA – Pj Bupati Enrekang Dr. H. Baba, mengikuti upacara peringatan hari Otonomi Daerah (Otda) ke XXVIII...

Buka Bimbingan Manasik Haji, Sekda Sinjai Harap Jemaah Jaga Kesehatan

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sinjai menggelar bimbingan manasik haji reguler tingkat Kabupaten Sinjai yang berlangsung...

Perpusnas Laksanakan Sosialisasi IKON di Sulsel

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia melaksanakan Sosialisasi Pengarusutamaan Naskah Nusantara Sebagai Ingatan Kolektif Nasional (IKON)...

Terima Tim Verifikasi dari BKKBN Sulsel, Plh Bupati Pinrang Minta Jajaran P2KBP3A Transparan

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Pelaksana Harian (Plh) Bupati Pinrang A Calo Kerrang meminta Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan...