Panitia pelaksana Fitriani SKep Ns, mengatakan, “Pelatihan ini untuk pertama kalinya dilaksanakan oleh Rumah Sakit Umum Tenriawaru, karena bagaimanapun komunikasi efektif merupakan modal utama bagi petugas kesehatan untuk melayani pasiennya.”
Fitriani yang juga Subkoordinator Pelayanan Keperawatan Non Rawat Inap RSUD Tenriawaru itu mengatakan, bukan hanya petugas kesehatan yang perlu memahami cara berkomunikasi efektif, tetapi semua elemen di rumah sakit. Termasuk juru parkir dan security, karena mereka juga perlu tahu cara berkomunikasi yang efektif.
Fitriani mengatakan, tujuan utama pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi dan impelementasinya setelah dia mengikuti pelatihan, semua bagian harus menerapkan komunikasi yang efektif.
“Setelah pelatihan ini, semua bagian diharapkan mampu menerapkan antara petugas dengan pasien dan keluarganya. Tentunya, kita berharap bisa meminalisir komplain,” kata Fitriani. (rur)