spot_img

Kepala Bappelitbangda Sidrap Gagas “Parade” Hadir Tingkatkan Kualitas Perencanaan Daerah

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SIDRAP – Untuk meningkatkan kualitas dan capaian target perencanaan daerah Pemerintah Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), sebuah aplikasi bernama “Parade” kini hadir. “Parade” merupakan akronim dari Pemetaan Program/Kegiatan Prioritas Daerah.

Aplikasi ini digagas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Sidrap, Andi Muhammad Arsjad.

Peluncuran (launching) aplikasi ini berlangsung Kamis 29 September 2022 di Ruang Rapat Pimpinan Lantai 3 Kantor Bupati Sidrap.

Dalam kegiatan peluncuran tersebut, hadir Wakil Bupati Sidrap, H. Mahmud Yusuf, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), Andi Rahmat Saleh, serta Kepala Dinas Kominfo diwakili Kepala Bidang Aplikasi Informatika dan Statistik, Mashuri.

Acara dirangkaikan coaching aplikasi “Parade” dan penyelarasan RPJMD, RKPD, dan KUA-PPAS, dihadiri unsur perencana Bappelitbangda serta kasubag perencanaan seluruh perangkat daerah Pemkab Sidrap.

Kepala Bappelitbangda Sidrap Andi Arsjad menjelaskan, Inovasi “Parade” merupakan Inovasi dalam aspek perencanaan daerah sekaligus menjadi rentetan kegiatan latpim (pelatihan kepemimpinan) II yang tengah diikutinya.

“Insya Allah dengan aplikasi ini kedepan kita sudah memiliki model pemetaan, instrumen dalam menentukan program proritas dan menetukan pagu anggaran,” ungkap Andi Arsjad.

Hal tersebut, kata Andi Arsjad, akan diikat dengan regulasi dalam bentuk peraturan Bupati, dan diharapkan ada perda terkait perencanaan pembagunan daerah.

“Sehingga apa yang kita lakukan terukur dengan jelas, apa, bagaimana, dan siapa yang harus melakukannya. Outputnya peningkatan kualitas dan capaian target perencanaan daerah,” tutur Arsjad.

Ditambahkan Andi Arsjad, inovasi tersebut mendapat dukungan secara internal dan eksternal, salah satunya dari Universitas Hasanuddin, dukungan Unhas untuk dukungan data geospasial.

Baca juga :  Empat Orang Warga Kelurahan Marobo Terpapar Corona, 36 Warga Luwu Utara Dirawat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Sekdisdik Wajo Buka Lokakarya CGP Angkatan 11 Tahun 2024

PEDOMANRAKYAT, SENGKANG WAJO – Sekretaris Dinas Pendidikan, Sekdisdik Wajo buka lokakarya CGP Angkatan 11 tahun 2024 di Aula...

Prof Naidah Naing Raih Penghargaan Dosen Peneliti Terbaik 2024

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia (UMI) khususnya Program Studi Arsitektur, patut berbangga karena, guru besarnya...

Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2024 Resmi Diluncurkan

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, secara resmi meluncurkan tahapan pemilihan Bupati dan...

Piala Eropa 2024: Empat Tim Grup E Berebut ke 16 Besar

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR. Kemenangan Belgia atas Rumania 2-0, Ahad (23/6/2024) dinihari di Rheine Energie Stadion membuat pertarungan memperebutkan...