spot_img

HMPS SAA UIN Alauddin Makassar Gelar Seminar Nasional Moderasi Beragama

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Studi Agama-Agama (SAA) UIN Alauddin Makassar, menggelar seminar nasional dengan mangusung tema “Merajut Persaudaraan dalam Moderasi dan Ekologi demi Memperkokoh NKRI” yang dilaksanakan di Lecture Teater UIN Alauddin Makassar, Senin (17/10/2022).

Seminar ini menghadirkan enam narasumber, yakni Dosen Prodi SAA, Wakil ketua Bidang Kesehatan dan Sosial Kemanusiaan PHDI Sulsel, Dosen Pascasarjana IAKN Toraja, Ketua Permabudhi Makassar, Humas dan Pemerintahan Majelis Rohani Nasional Baha’i Indonesia, dan Kapolrestabes Makassar, serta dihadiri 134 mahasiswa dari beberapa kampus.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Dr. Muhsin Mahfudz, M.TH.I sekaligus menjadi Keynot Speaker dalam seminar moderasi tersebut.

Seminar nasional moderasi beragama ini merupakan rangkaian acara milad Studi Agama-agama yang ke-50 tahun. Milad yang diadakan untuk pertama kalinya sekaligus sebagai pembuka seluruh rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan selama satu minggu dari tanggal 17 sampai 22 Oktober 2022. Hal itu disampaikan oleh Fitria Surahman selaku ketua panitia kegiatan.

“Lebih lanjut acara milad yang kemudian akan dirangkaikan dengan lomba keolahragaan, keagamaan dan akademik se-UIN,” tambahnya.

Ketua HMPS SAA, Andi Indah menyampaikan, selain dari ceremonial milad SAA, kegiatan itu juga sebagai wadah untuk saling mengenal dengan berbagai agama lain. Juga menjadi sosialisasi moderasi beragama dimana mahasiswa SAA yang harus menjadi garda terdepan untuk mensosialisasikan moderasi beragama dan menjadi agen perdamaian dunia.

“Walau kita berbeda dalam keyakinan, agama, adat, pun bahasa kita tetaplah saudara dalam kemanusiaan,” tutupnya.

Baca juga :  Berikan Kesaksian di PN Maros, Ayah Virendy Soroti Profesionalitas Penyidik dan Beberkan Ajakan Damai Rektor Unhas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Momen HBA Ke-64 dan HUT IAD Ke-24, Kejati Sulsel Berbagi Tali Asih Bersama Anak Yatim

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64 Tahun 2024 dan HUT ke-24 Ikatan Adhyaksa...

Sambut HBA Ke-64, Kejati Sulsel Gelar Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Kajati Sulsel Agus Salim membuka secara resmi kegiatan Donor Darah yang merupakan rangkaian Kegiatan Bakti...

Pengunjung dan Pasien Rawat Jalan RSUD Sinjai Diajari Etika Batuk

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Pengunjung Rumah Sakit dan Pasien yang berada di Ruang Tunggu Poli Rawat Jalan Rumah Sakit...

BSI Imbau Nasabah Selalu Waspadai Modus Penipuan

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengimbau kepada nasabah agar tetap waspada terhadap berbagai modus...