spot_img

UPT SPF SMP Negeri 24 Makassar Gelar MPLS, Ashar Kadir : Bentuk Karakter Siswa Baru

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut.

Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Satuan Pendidikan Formal (SPF) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 24 Makassar Ashar Kadir, saat menerima kunjungan pedomanrakyat.co.id, di ruang kerjanya Jl. Baji Gau No.41, Kelurahan Bongaya, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Selasa (11/07/2023) sekira pukul 13.00 Wita.

Ashar Kadir mengatakan, MPLS dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, mulai tanggal 11 sampai 13 Juli 2023 dan sebelumnya telah dilangsungkan pra MPLS. Para peserta didik baru juga akan diberikan materi bahaya penyalahgunaan narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulsel.

“Selain dari BNN, ada juga pemateri dari Kepolisian dan guru-guru yang memberikan materi tentang Wiyata Mandala, yaitu pengenalan lingkungan dan pembentukan karakter,” jelasnya.

Untuk pelaksanaan MPLS itu sendiri dilakukan di ruangan kelas, sedangkan bentuk MPLS tersebut ada yang panel dan ada juga peserta didik baru yang dikumpulkan dalam Aula untuk diberikan materi umum.

Baca juga :  Usai Sholat Berjamaah, Bhabinkamtibmas Melayu Baru Sampaikan Imbauan Kamtibmas Ramadhan Kapolda Sulsel

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

181 Guru di Enrekang Ikut Program PGP Angkatan 11

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Sebanyak 181 guru di Kabupaten Enrekang menjadi sasaran Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan...

Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada Serentak 2024, Satbinmas Polres Pelabuhan Makassar Lakukan Binluh

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Guna mengantisipasi beredar paham-paham yang bertentangan dengan ideologi Bangsa yang bisa mengganggu kamtibmas tahapan Pilkada...

Hadir di Tengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kodingareng Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024

Hadir di Tengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kodingareng Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024 PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sebagai anggota Polri yang...

Monitoring Antisipasi Stunting, Bhabinkamtibmas Melayu Baru Sambangi Posyandu

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Untuk mencegah terjadinya stunting pada balita, Bhabinkamtibmas Polsek Wajo yang bertugas di Kelurahan Melayu Baru...