spot_img

Plh Sekda Enrekang Serahkan Bantuan Alat Aksesibilitas Bagi Penyandang Disabilitas Untuk Tingkatkan Produktivitas

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Kementerian Sosial RI melalui Sentra Wirajaya Makassar, secara simbolis menyerahkan 21 alat bantu aksesibilitas di Kantor Dinas Sosial Enrekang pada Senin, (20 /11/2023). Sentra Wirajaya Makassar sendiri merupakan Pusat Pelatihan keterampilan bagi penyandang disabilitas yang ada di bawah naungan Kementerian Sosial RI.

Menurut Plh Sekretaris Daerah Enrekang, Jumurdin, tujuan dari penyediaan alat bantu tersebut adalah untuk membantu meningkatkan kemandirian penyandang disabilitas dalam melakukan aktivitas sehari-hari mereka.

“Diharapkan alat tersebut dapat meningkatkan produktivitas bagi para penerimanya,” ujarnya saat menyerahkan.

Adapun jenis alat bantu aksesibilitas yang disalurkan berupa tongkat penuntun adaktif, tongkat lipat netra, tongkat kruk, kursi roda 2 in 1, tongkat kaki 3, motor roda 3, kursi roda adaktif, motor ATV, kursi roda standar, kursi roda 3 in 1 dan rolator dengan total anggaran Rp 161.626.923 juta.

Pelaksana Kegiatan, Susi mengatakan, sebelum disalurkan, terlebih dahulu dilakukan asesmen ke lapangan yang betul-betul berhak menerima.

Jadi, tujuan dari penyediaan alat bantu tersebut adalah untuk membantu meningkatkan kemandirian penyandang disabilitas dalam melakukan aktivitas sehari-hari mereka.

“Alat bantu ini juga bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi anggota tubuh atau menekan gangguan fungsi penyandang disabilitas seminimal mungkin,” pungkas Susi.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Enrekang, Zulkarnain Kara, mengucapkan terimakasih kepada Kementrian Sosial RI dan Sentra Wirajaya Makassar atas kerjasama dan kolaborasinya sebagai atensi pemerintah memberi bantuan.

“Hal ini diharapkan dapat berkelanjutan demi kesejahteraan masyarakat khususnya di Enrekang,” jelasnya.

Baca juga :  Banjir Genangi Lima Kecamatan Di Luwu Utara

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Sekretaris Dinas Pendidikan Sulsel Tutup MPLS SMAN 2 Selayar

PEDOMANRAKYAT, SELAYAR - Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru SMA, SMK, dan SLB negeri di...

Pasar Semen Dalam Negeri Over Suplay

Laporan H.Manaf Rachman Produksi semen di dalam negeri hingga pertengahan 2024 mengalami kelebihan atau over suplay sebesar 60 persen dan...

Pendidikan dan Literasi Kemaritiman Materi PKM Nasional ADPERTISI 2024 di Nisombalia Maros

PEDOMAN  RAKYAT, MAROS. Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan sehingga pendidikan dan literasi kemaritiman kepada warga harus diberikan setiap...

Penutupan KFBN 2024 Meriah di Kutai Kartanegara

Laporan : Rachim Kallo ACARA penutupan Kutai Festival Budaya Nusantara (KFBN) 2024 berlangsung meriah di depan Kantor Bupati Kutai...