spot_img

Kajati Sulsel Kembali Tetapkan dan Menahan Seorang Tersangka Baru Kasus Korupsi PT Surveyor Indonesia

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Tim Penyidik pada Asisten Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan telah memeriksa 6 (enam) orang saksi dan telah melakukan ekspose dihadapan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel, Selasa (28/11/2023).

Yaitu dari 5 (lima) orang saksi yang diperiksa tersebut telah ditemukan minimal 2 (dua) alat bukti yang cukup untuk menetapkan 1 (satu) orang Tersangka yaitu pria berinisial JH serta Tim Penyidik mengusulkan untuk melakukan penahanan terhadap tersangka tersebut guna mempercepat proses penyelesaian penyidikan, serta dikhawatirkan upaya melarikan diri maupun menghilangkan barang bukti.

Penetapan status Tersangka tersebut berdasarkan Surat Perintah Penetapan Tersangka Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan Nomor : /P.4/Fd.2/11/2023 tanggal 28 November 2023 atas nama Tersangka JH.

Terhadap Tersangka JH telah dilakukan pemeriksaan Kesehatan oleh Tim dokter dari Dinas Kesehatan Kota Makassar dan menyatakan Tersangka dalam keadaan sehat dan tidak dalam keadaan covid.

Selanjutnya terhadap Tersangka dilakukan penahanan berdasarkan Surat Perintah Penahanan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan Nomor : Print-/P.4.5/Fd.2/11/2023 tanggal 28 November 2023 atas nama Tersangka JH selama 20 (dua puluh) hari terhitung sejak tanggal 28 November 2023 sampai dengan tanggal 17 Desember 2023 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 A Makassar.

Adapun modus operandi dan perbuatan para Tersangka sebagai berikut :

Tersangka JH selaku orang yang meminjam bendera PT. Basista Teamwork dari Tersangka MRU selaku Direktur Utama PT. Basista Teamwork (telah lebih dulu ditahan, red), bekerjasama dengan Tersangka ATL selaku Junior Officer PT. Surveyor Indonesia Cabang Makassar dan juga selaku Proyek Manager/Personal Incharge (PIC) (telah lebih dulu ditahan), dan Tersangka TY selaku Kepala Cabang PT. Surveyor Indonesia Cabang Makassar (telah lebih dulu ditahan, red), serta AH (Kabag Komersil 2) telah membuat Rencana Anggaran Belanja (RAB) total sebesar Rp. 30.547.296.983,- (tiga puluh milyar lima ratus empat puluh tujuh juta dua ratus sembilan enam ribu sembilan ratus delapan puluh tiga rupiah) untuk 4 (empat) pekerjaan/proyek jasa Pengawasan, Konsultasi dan Pendampingan yang seolah-olah sesuai dengan Kegiatan Usaha/Core Bisnis PT. Surveyor Indonesia.

Baca juga :  Kembali Warga Toraja Utara Tewas Ditembak KKB Papua

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kadiskop UKM Pinrang Resmi Tutup Pelatihan Peningkatan Produktivitas Usaha BPVP Pangkep dan Diskop UKM Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Pelatihan Peningkatan Produktivitas Usaha Angkatan ke 6 yang digelar BPVP Pangkep kerjasama Dinas Koperasi UKM...

Pilkada 2024, Mitra Fakhruddin MB Kembalikan Berkas Pendaftaran ke Partai Hanura Enrekang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Enrekang hampir menemui titik terang siapa siapa...

Grand Opening Dragon Billiard And Cafe Dengan Konsep Olahraga

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Usaha Cafe di mana-mana kian menjamur. Hal itu ditandai dengan banyaknya restoran maupun cafe yang...

Didukung Penuh Gerindra, Yasir Machmud Maju Pilkada Bone

PEDOMANRAKYAT, WATAMPONE - Setelah mendapat konfirmasi dan arahan dari Andi Iwan Darmawan Aras selaku Ketua DPD Partai Gerindra...