spot_img

Obituari Baco Ahmad : Buldozer PSM itu Telah Tiada

Bagikan:

Tanggal:

Sedikit terlambat, mungkin karena media sibuk dengan berita pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) yang tinggal dua hari, berita kepergian mantan pemain legendaris PSM 1870-1980-an, Baco Ahmad terlambat viral.

Saya sendiri baru membaca berita duka ini, Senin (12/2/22024) melalui Harian Tribun Timur di tengah ucapan selamat hari ulang tahun (HUT) XX yang mengisi banyak halaman.

Padahal, Baco Ahmad berpulang Sabtu (10/2/2024) petang di kediamannya di Kelurahan Gusung, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar. Almahum meninggal dunia dalam usia 75 tahun.

Saya hanya sempat menyaksikan Baco Ahmad bermain pada posisi gelandang bertahan bersama beberapa pemain lainnya, seperti Abdi Tunggal, Rony Pattinasarani, Thalib Adam, Gaffar Hamzah, Saleh Ramadaud, dan Saleh Bahang pada paruh 1970-an.

Baco Ahmad bergabung dengan PSM pada tahun 1969 hingga 1980. Pada tahun 1970-an dia termasuk salah seorang pemain yang tercatat sebagai tim junior PSSI. Dia bersama Abdi Tunggal, Anwar Ramang, Rony Pattinasarani, Thalib Adam, Gaffar Hamzah, Saleh Ramadaud, dan Saleh Bahang.

Seperti juga pemain se-angkatannya, Baco Achmad sempat dilatih oleh Ramang pada tahun 1970-an bersama Thalib Adam, dan teman-teman yang kemudian bersama-sama di tim junior PSSI. Saat itulah tim junior nasional didominasi oleh pemain PSM.

Sebagai anak gawang, Baco Achmad kerap menyaksikan pertandingan yang dilakoni Ramang di Stadion Mattoanging.

“Keistimewaan Ramang tidak bisa ditiru. Susah ditiru. Tehnik bermain bolanya muncul begitu saja,” kata Baco Achmad saat saya temui di sela-sela Kejuaraan Liga Karebosi II yang dibuka Ketua Umum PSM Ilham Arief Sirajuddin, 16 Mei 2011 petang di lapangan Karebosi Makassar.

Baca juga :  Sebesar Rp 4,4 Miliar DAK Tahun 2022 Diperuntukkan Kepada 15 Sekolah Dasar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Siswa SMA Muhammadiyah 6 Makassar Lakukan Pengamatan Benda Luar Angkasa

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap sains dan teknologi, SMA Muhammadiyah 6 Makassar...

Berikan Jam Pimpinan, Pangdam XIV/Hsn Tekankan Agar Menghindari Pelanggaran Sekecil Apapun

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.IP memberi jam pimpinan dengan memberikan pengarahan kepada...

Jalin Persahabatan Antar Alumni 80-an, SMANSA FC Gelar Turnamen Fourfeo di Lapangan Sapta Mini Soccer

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Dalam rangka menjalin persahabatan antar alumni angkatan 80-an SMA Negeri 1 (SMANSA) Makassar yang hobi...

Turnamen Sepakbola Reso Temmangingngi Akan Bergulir di Bulan Agustus

PEDOMANRAKYAT, GOWA - Kejuaraan sepakbola Reso Temmangingngi antar klub akan segera bergulir pada 20 Agustus - 25 September...