spot_img

Habiskan Anggaran 1,2 Triliun, Jokowi Paparkan Manfaat IPAL Losari

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Jalan Metro Tanjung Bunga, Kamis (22/2/2024).

Orang nomor satu di Indonesia ini datang didampingi beberapa jajaran kabinetnya yakni Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Dalam sambutannya Jokowi menerangkan bahwa sistem pengelolaan air limbah domestik yang terpusat di Losari ini sangat penting untuk mengelola limbah cair agar ramah lingkungan dan meningkatkan kualitas air tanah dan air baku serta meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

“Sistem pengelolaan air limbah ini yang kita butuhkan untuk kesadaran masyarakat dan memiliki perhatian dan kepedulian bersama-sama mengatasi masalah pencemaran lingkungan di Kota Makassar”, ungkap Jokowi.

IPAL Losari ini di bangun dari tahun 2019 sampai 2023 dengan memakan biaya sebesar 1,2 Triliun rupiah dari APBN 1,067 Triliun rupiah, dari ADB 672 Miliar dan dari APBD 150 Miliar.

Kapasitas IPAL mencapai 16.000 m³ perhari, dengan panjang jaringan permintaan air limbah sepanjang 96 Km dan bisa melayani 41.000 Kepala keluarga.

“Dengan beroperasinya sistem pengelolaan air limbah domestik terpusat ini, penanganan air limbah semakin terintegrasi dan Kota Makassar semakin bersih dan kualitas lingkungan, kualitas air tanah, kualitas air baku semakin baik dan masyarakat makin sehat, produktif”, tutup Jokowi.

Sebelum menutup sambutannya, Jokowi pun bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin bersama-sama menekan tombol sirene sebagai simbol peresmian IPAL Losari. (And)

Baca juga :  Pangdam Hadiri Sertijab Pangkoopsud II, Ini Harapannya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Gelar Konferensi Pers, Prof Basri Modding Klarifikasi Tuduhan Penyelewengan Dana

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR --Penasehat hukum mantan Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Prof, Dr. Basri Modding, SE, MSi dari...

Pererat Persaudaraan, IKA SD Negeri Jongaya Gelar Temu Alumni dan Halalbihalal

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Ikatan Alumni (IKA) SD Negeri Jongaya menggelar kegiatan Temu Alumni dan Halalbihalal Idul Fitri 1445...

Sukses Menggelar Reuni Akbar Perdana Angkatan 1987-2023, Alumni SMPN 18 Bangun Yayasan Organisasi

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — SMPN 18 Makassar sukses menggelar reuni akbar pada Sabtu (13/4/2024) Sore bertempat di White House...

Gelar Halal Bihalal RTQ Beri Dukungan Penuh Indira Jusuf Ismail di Pilwalkot Makassar 2024

PEDOMANRAKYAT - MAKASSAR - Rachmat Taqwa Quraisy (RTQ) gelar acara Halal Bihalal bersama ratusan Masyarakat yang datang dari...