Kelurahan Maradekayya Berinovasi dengan Layanan Digital “PALLAKA” untuk Kemudahan Warga

Tanggal:

Follow Pedomanrakyat.co.id untuk mendapatkan informasi terkini.

Klik WhatsApp Channel  |  Google News

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Inovasi pelayanan publik kembali hadir di Kelurahan Maradekayya, Kecamatan Makassar, Kota Makassar. Lurah Maradekayya, Nurul Muchlisa, S.Stp, meluncurkan sebuah aplikasi baru bernama "PALLAKA" yang bertujuan untuk mempermudah akses administrasi bagi warganya.

Kehadiran aplikasi ini diharapkan mampu memfasilitasi berbagai kebutuhan masyarakat yang berhubungan dengan layanan kelurahan.

Saat ditemui dalam kunjungan ke salah satu wilayah RW pada Rabu, 6 November 2024, Nurul menjelaskan, "PALLAKA" merupakan jawaban atas kebutuhan masyarakat akan layanan cepat dan efisien.

“Aplikasi ini akan membantu warga dalam mengurus administrasi kelurahan, seperti permohonan surat yang memerlukan keterangan RT/RW. Kini, dengan hanya membuka aplikasi dan memanfaatkan sistem QR-Code, warga dapat mengakses informasi penting dan mengisi formulir administrasi secara online,” ujarnya.

Lulu, sapaan akrab Nurul, menambahkan, inovasi ini tak hanya mempermudah proses administrasi, tetapi juga berperan dalam meminimalkan interaksi fisik, mempercepat layanan, dan memastikan transparansi serta akuntabilitas di tingkat kelurahan.

Penggunaan teknologi ini, lanjutnya, akan mendorong inklusi digital bagi masyarakat Maradekayya, termasuk mereka yang belum terbiasa menggunakan aplikasi atau internet.

Lulu juga mengungkapkan, gagasan untuk menghadirkan "PALLAKA" merupakan bagian dari Implementasi Aksi Perubahan dalam Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan I yang diselenggarakan oleh BKPSDMD Kota Makassar, bekerja sama dengan PPSDM Kemendagri Regional Makassar.

“Ini adalah salah satu wujud aksi nyata dalam pelatihan kepemimpinan, sekaligus sebagai upaya peningkatan kualitas layanan di tengah masyarakat,” jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua RW 2 Kelurahan Maradekayya, Yunan, turut memberikan apresiasinya. Ia menyebutkan, aplikasi ini tidak hanya membantu warga, tetapi juga memudahkan tugas pengurus RW dalam mengelola data dan mempercepat proses administratif.

“Kami sebagai pengurus RW merasa sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini, terutama dalam penginputan data yang kini bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efisien,” kata Yunan.

Baca juga :  Dapat Bantuan Cool Box, Nelayan di Sinjai Tak Khawatir Simpan Ikan Hasil Tangkapan

Dengan hadirnya aplikasi "PALLAKA", diharapkan layanan publik di Kelurahan Maradekayya semakin mudah diakses, cepat, dan akuntabel.(Hdr)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kasdam XIV/Hasanuddin Resmi Buka Latihan Pencak Silat Militer, 260 Prajurit Ditempa Jadi Kader Tangguh

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Suasana di Markas Yonif 700/Wira Yudha Cakti pagi itu terasa berbeda. Tepat pada Senin (16/06/2025),...

7 Tahun Menjabat, Ir. Muhammad Ashar Mendadak Mundur Tanpa Alasan Jelas, Ada Apa di Dinas Pertanian Wajo?

PEDOMANRAKYAT, WAJO - Kejutan datang dari lingkup Pemerintahan Kabupaten Wajo, Ir. Muhammad Ashar tiba-tiba mengundurkan diri dari jabatannya...

Irwan Hamid Apresiasi Langkah BBWS PJ Normalisasikan Kantong Lumpur Bendungan Benteng

PEDOMANRAKYAT, PINRANG — Langkah nyata dan tanggap yang dilakukan jajaran Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang dalam...

Dispusip Bedah Buku “Sinjai Ditengah Pergolakan Kerajaan dan Penjajahan”

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Sinjai kembali menyelenggarakan kegiatan bedah buku, di Aula Serbaguna...