Kelurahan Maradekayya Berinovasi dengan Layanan Digital “PALLAKA” untuk Kemudahan Warga

Tanggal:

Follow Pedomanrakyat.co.id untuk mendapatkan informasi terkini.

Klik WhatsApp Channel  |  Google News

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Inovasi pelayanan publik kembali hadir di Kelurahan Maradekayya, Kecamatan Makassar, Kota Makassar. Lurah Maradekayya, Nurul Muchlisa, S.Stp, meluncurkan sebuah aplikasi baru bernama "PALLAKA" yang bertujuan untuk mempermudah akses administrasi bagi warganya.

Kehadiran aplikasi ini diharapkan mampu memfasilitasi berbagai kebutuhan masyarakat yang berhubungan dengan layanan kelurahan.

Saat ditemui dalam kunjungan ke salah satu wilayah RW pada Rabu, 6 November 2024, Nurul menjelaskan, "PALLAKA" merupakan jawaban atas kebutuhan masyarakat akan layanan cepat dan efisien.

“Aplikasi ini akan membantu warga dalam mengurus administrasi kelurahan, seperti permohonan surat yang memerlukan keterangan RT/RW. Kini, dengan hanya membuka aplikasi dan memanfaatkan sistem QR-Code, warga dapat mengakses informasi penting dan mengisi formulir administrasi secara online,” ujarnya.

Lulu, sapaan akrab Nurul, menambahkan, inovasi ini tak hanya mempermudah proses administrasi, tetapi juga berperan dalam meminimalkan interaksi fisik, mempercepat layanan, dan memastikan transparansi serta akuntabilitas di tingkat kelurahan.

Penggunaan teknologi ini, lanjutnya, akan mendorong inklusi digital bagi masyarakat Maradekayya, termasuk mereka yang belum terbiasa menggunakan aplikasi atau internet.

Lulu juga mengungkapkan, gagasan untuk menghadirkan "PALLAKA" merupakan bagian dari Implementasi Aksi Perubahan dalam Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan I yang diselenggarakan oleh BKPSDMD Kota Makassar, bekerja sama dengan PPSDM Kemendagri Regional Makassar.

“Ini adalah salah satu wujud aksi nyata dalam pelatihan kepemimpinan, sekaligus sebagai upaya peningkatan kualitas layanan di tengah masyarakat,” jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua RW 2 Kelurahan Maradekayya, Yunan, turut memberikan apresiasinya. Ia menyebutkan, aplikasi ini tidak hanya membantu warga, tetapi juga memudahkan tugas pengurus RW dalam mengelola data dan mempercepat proses administratif.

“Kami sebagai pengurus RW merasa sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini, terutama dalam penginputan data yang kini bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efisien,” kata Yunan.

Baca juga :  Kanwil Kemenkumham Minta Humasnya Menjadi Pihak Terdepan Salurkan Informasi

Dengan hadirnya aplikasi "PALLAKA", diharapkan layanan publik di Kelurahan Maradekayya semakin mudah diakses, cepat, dan akuntabel.(Hdr)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

PLN Sinjai Libatkan Puluhan Personel Lakukan Program Tebang Tuntas Pohon

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- PT PLN (Persero) ULP (Unit Layanan Pelanggan) Sinjai dengan dukungan penuh dari PLN UP3 Bulukumba...

312 Wisudawan Fakultas Teknik UMI Ikuti Ramah Tamah Periode II di Hotel Rinra

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia (UMI) menyelenggarakan kegiatan ramah tamah bagi 312 wisudawan pada periode...

Mantan Ketua IPMIL Raya YPUP Ingatkan, Demonstrasi Tertib dan Tidak Terprovokasi Kekerasan

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Kapolrestabes) Makassar, Komisaris Besar Arya Perdana, mengundang sejumlah jurnalis dan...

Mentan Amran: Ubah Mindset dan Kerja Kreatif Demi Majukan Indonesia

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengajak generasi muda dan pegawai Lembaga Administrasi Negara (LAN)...