spot_img

Keragaman Dan Konflik

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Allah SWT berfirman dalam QS 5: 48, “Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah dalam berbuat kebaikan.”

Ayat di atas menegaskan, dikarenakan pilihan Allah SWT maka keragaman merupakan sesuatu di luar usaha manusia. Tarikh Ramadan mengemukakan, “Manajemen perbedaan yang ada merupakan tantangan yang harus diselesaikan seperti halnya menyelesaikan ketegangan batin seseorang.”

Dalam Islam, kemuliaan seseorang berdasarkan perbuatan dan prestasi yang dilakukannya, sehingga manusia dituntut senantiasa berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan.

Keragaman merupakan kelebihan yang dimiliki oleh manusia. Mungkin agak naif bila tidak dikaitkan dengan realitas konflik yang terjadi. Terhadap konflik, Alquran mengajarkan kepada umat Islam pentingnya harmonisasi dan keadilan di antara umat manusia, QS 2: 251.

Tarikh Ramadan menegaskan, “Keragaman dan konflik merupakan sifat yang inheren bagi makhluk manusia. Manusia menghadapi tantangan dari sifat kemanusiaannya sendiri, bukan penolakannya terhadap pluralisme dan keragaman.”

Tugas tiap individu selanjutnya adalah mengatur pluralisme dan keragaman yang sudah merupakan hukum alam (sunnatullah), sebagaimana termaktub dalam QS, al-Hujurat: 13. Kesadaran manusia harus dilandasi oleh prinsip-prinsip keadilan dan moral, yang menjadi pegangan dalam membela hak setiap komunitas dan individu, sebagaimana yang termaktub dalam QS 22: 40.

QS 22: 40, menegaskan, bahwasanya Allah SWT mendahulukan gereja kaum Nasrani, sinagoge kaum Yahudi ketimbang masjid. Hal tersebut menunjukkan bahwasanya keberadaan kaum Nasrani dan Yahudi tidak dapat diganggu gugat, dan pada saat bersamaan kaum Muslim, diperintahkan untuk menghormati penganut agama yang berbeda. QS 10: 99.

Baca juga :  Peringatan Hari Santri Kabupaten Sidrap Ditandai Upacara di Pelataran Masjid Agung Pangkajene

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

RSUD Sinjai Adakan Lomba Busana dan Beri Penghargaan kepada Nakes Terbaik

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Sebagai bentuk kebanggaan pada keanekaragaman berbagai profesi, seluruh Pejabat, ASN dan karyawan Rumah Sakit Umum...

Hardiknas 2024, Transformasi Pendidikan Enrekang Meniti Generasi Kurikulum Merdeka Belajar

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG, – Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sertiap tahun 2024 di halaman...

Catatan Mudik Lebaran 2024 (1) : “Diskriminasi” Kecil di KM Tilongkabila

Pengantar: Wartawan “Pedomanrakyat.co.id” M.Dahlan Abubakar, pada Lebaran 2024 melakukan perjalanan mudik terlama, 14 hari, ke kampung halaman. Dalam lawatan...

Kadis Perindag Sulsel, Resmi Dilantik Jadi Pj Bupati Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Ahmadi Akil, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel akhirnya resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati...