PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Jadwal penerbangan pesawat udara dari sejumlah maskapai yang kerap mengalami delay (penundaan) selama beberapa jam dengan alasan operasional, jelas sangat merugikan kalangan calon penumpang atau para pemakai jasa angkutan udara tersebut.
Delay yang hampir setiap hari melanda beberapa jadwal keberangkatan dari sejumlah maskapai penerbangan di Indonesia, itu menunjukkan tidak profesionalnya pihak perusahaan penerbangan dalam bekerja dan memberikan pelayanan kepada para pemakai jasanya.
Kerugian yang dialami calon penumpang tentunya beragam, seperti terbuang sia-sia waktu mereka karena sudah cepat-cepat tinggalkan rumah menuju bandara, tapi akhirnya harus menunggu duduk berjam-jam lamanya di bangku-bangku depan gate (pintu) keberangkatan sambil menahan lapar akibat belum sempat sarapan pagi atau makan siang/malam di rumah masing-masing.
Selain terbuang sia-sia waktu mereka, juga terpaksa harus mengeluarkan biaya yang cukup besar lagi jika hendak makan atau minum di sejumlah kios/kafe/warkop yang ada di sekitar area ruang tunggu bandara. Pasalnya harga makanan dan minumannya terbilang sangat mahal, misalnya segelas kopi susu saja harganya Rp 51.000,-.