spot_img

Zakat Wajib Disalurkan Lewat Lembaga Resmi

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT.MAKASSAR—Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar kembali menggelar Safari Ramadan bersama warga di pelataran Kantor Wali Kota Makassar, Jalan Ahmad Yani, Kamis (07/04/2022).

Ketua Baznas Kota Makassar, Ashar Tamanggong saat membawakan Tausiyah Ramadhan di Pelataran Kantor Wali Kota Makassar. Kamis (07/04/2022).

Kegiatan ini menjadi kegiatan rutin dilakukan selama ramadhan, sebagai momentum mempererat silaturahim dan juga menjadi ajang menyampaikan informasi program Pemkot Makassar kepada masyarakat.

Salah satunya mengangkat tema tentang Zakat pada Lembaga resmi sebagaimana disampaikan Ustas Ashar Tamanggong pada malam ke enam bulan suci ramadhan. Ustas yang juga Ketua Badan Amal Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Makassar ini menyampaikan, Zakat sangat penting dan Wajib Hukumnya.

“Jadi tidak boleh ada orang miskin yang tidak bayar zakat. Bagaimana kalau tidak mampu? Orang kaya dekat rumahnya yang harus bayarkan atau Unit Pengumpul Zakat di Masjid-masjid yang harus bayarkan. Jadi tidak boleh ada orang miskin yang tidak membayar zakatnya. Ikhlas atau tidak ikhlas harus di bayar karena ini kewajiban.” ujarnya.

Untuk itu dia mengajak masyarakat agar bisa lawan ego dalam berzakat. Jangan menuruti hawa nafsu untuk memberi secara langsung. Karena bahaya Riya.

“Kendalikan nafsu dalam berzakat. Kenapa kemiskinan di Makassar tidak berkurang karena orang miskin yang dikasi itu-itu saja. Karena orang kaya tidak mampu mengendalikan nafsunya dalam berzakat. Jadi kalau mau berzakat jangan langsung. Lebih baik ke lembaga resmi,” ujarnya.

Pertimbangannya, sekaya apapun orang itu paling mereka beri seratus ribu. Paling tinggi lima ratus ribu. Mana orang bisa hidup lima ratus ribu per tahun?.

Baca juga :  Internasionalisasi UMI, Pekan Pesantren Hadirkan Naib Chancellor UKM Malaysia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

MPC Community dengan Dinas Perikanan dan Pertanian Makassar Kerjasama Vaksinasi Rabies dan Perawatan Kucing Anabul

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Pencinta kucing di Makassar bersatu dalam suatu wadah diberi nama Makassar Pawrent Community (MPC), bekerja...

53 Dosen STIE AMKOP Ikut Pelatihan Outcome Based Education (OBE)

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sebanyak 53 dosen STIE AMKOP Makassar telah menjalani pelatihan Penyusunan dan Implementasi Kurikulum Berbasis Capaian...

Gelar Reuni Akbar Kolosal, Ribuan Alumni SMAKARA Angkatan 1954-2024 Akan Berkumpul di Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Ikatan Alumni SMA Katolik Rajawali (IKA SMAKARA) Makassar kembali merencanakan menggelar hajatan reuni akbar yang...

Masyarakat Keluhkan Operasional RM Boneta, Pencemaran Asap dan Limbah Resahkan Penghuni Rumah Sekitarnya

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Operasional Rumah Makan (RM) Boneta (Bone Tamparang) yang berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Kapasa,...