spot_img

Pesantren Ramadhan Virtual UMI Bahas Hukum Puasa

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT.MAKASSAR—Pesantren Ramadhan Virtual UMI berlangsung via zoom, Ahad (24/4) dengan narasumber, Dr.H.Nasrullah Arsyad, SH, MH (Wakil Rektor III UMI).

Hadir Dekan Fakultas Kedokteran UMI  Dr.dr.H.Nasruddin Andi Mappawere. Dekan Fakultas Farmasi Apt.Abd.Malik, Ph.D, sejumlah dosen dan karyawan UMI. Bertindak Host Dr.M.Ishaq Shamad dan Dr.Nurjannah Abna.

Dr.Nasrullah Arsyad dalam taushiyahnya menyampaikan, puasa hukumnya wajib, sebagaimana perintah Allah

dalam Al-Qur’an. Jika ada orang Islam yang tidak puasa di bulan Ramadhan, padahal sanggup melaksanakannya, maka tentu dosanya berlipat ganda.

Sementara itu, Dr.Nasruddin A.Mappawere menanyakan bagaimana menerapkan hukum syariah Islam kepada orang yang tidak berpuasa, apakah boleh dipaksakan, seperti hukum Qanun di Aceh.

Dr.Nasrullah Arsyad yang mantan anggota DPRD Sulsel menyampaikan. dia pernah berkunjung ke Aceh dan menanyakan pertanyaan yang serupa dari Dekan FK UMI. Pemerintah Aceh saat itu menjelaskan, kita berada di Indonesia berdasarkan Pancasila, dengan hukum yang ditentukan dalam KUHAP. Namun dalam pelaksanaan syariah Islam disana disesuikan dengan hukum agama Islam.

”Jadi tidak bisa dicampur adukkan antara hukum positif dengan hukum Islam. Di Indonesia bukan hanya umat Islam, tetapi ada juga umat lain. Dalam Islam berlaku ”lakum diynukum waliyadiyn” (bagimu agamamu dan bagi kami agama kami). Selain itu, penerapan ajaran Islam harus lemah lembut dan bijaksana, seperti kepemimpinan yang diterapkan di UMI”, jelasnya.

Host M.Ishaq Samad menambahkan penerapan hukum Islam di Indonesia sebagian telah diserap masuk di hukum positif, misalnya hukum pernikahan, pelaksanaan haji, dst. Memang dibutuhkan kearifan dalam melaksanakan dakwah dan syiar Islam, sebagaimana dalam Q.S An Nahl agar berdakwah dengan cara bijaksana.

Baca juga :  Semarak Tahun Baru Islam, UMI Gelar Lomba Lintas Fakultas & Jalan Sehat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kerukunan Keluarga Mandar Sulawesi Barat (KKMSB) Gelar Halal Bihalal di Hotel Aerotel Smile

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Badan Pimpinan Cabang (BPC) Kerukunan Keluarga Mandar Sulawesi Barat (KKMSB) Kota Makassar menggelar halal bihalal...

PSBM Ke 24: Membangun Solidaritas dan Kolaborasi Antar Pilar dan Saudagar Bugis Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan menjadi saksi bergulirnya momen bersejarah dalam perhelatan WELCOME DINNER PERTEMUAN...

KKP Menggelar Halalbihalal, Dr H Mukhtar Tahir : Orang Pinrang itu Diasporanya Sangat Luar Biasa

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR Kerukunan Keluarga Pinrang (KKP) menggelar Halalbihalal dengan mengusung tema 'Melalui Halalbihalal Kita Pererat Ukhuwah dan Kebersamaan...

Universitas Tamalatea Makassar Awali Kegiatan Pembekalan Magang untuk Mahasiswanya

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -Universitas Tamalatea Makassar dengan bangga mengumumkan pelaksanaan kegiatan pembekalan magang bagi mahasiswanya di sepuluh titik lokasi...