spot_img

Pangdam Letakkan Batu Pertama Renovasi Masjid Babul Firdaus Jongaya

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT.MAKASSAR—Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H., M.H. letakkan batu pertama renovasi Masjid Babul Firdaus Jongaya di Jalan Kumala Kota Makassar, Senin (22/08/2022).

Kegiatan renovasi pembangunan Masjid bersejarah berusia 126 tahun yang dibangun raja Gowa ke-34, I Makkulau Dg Serang Karaeng Lembang Parang itu disaksikan Pejabat Utama Kodam, Forkopimda Kota Makassar, Forkopimda Provinsi Sulsel serta para tokoh agama dan masyarakat.

”Ini bagian dari komitmennya dalam menjaga situs sejarah di Sulsel. Renovasi ini ketiga kalinya, sejak renovasi terakhir yang dilakukan Andi Mappanyukki. Masjid ini merupakan bukti perjalanan sejarah perjuangan bangsa dalam melawan penjajah,” ungkapnya.

Karena sifatnya heritage, tiga yang tidak akan berubah dari Masjid ini, yakni kubah, mimbar dan menara. Sejumlah alasan kuat lainnya melatarbelakangi renovasi masjid. Selain sudah tua, juga kebutuhan terkait jumlah jamaah yang beribadah di Masjid ini.

“Dalam membangun Masjid, hal terpenting niat dan semangat. Selain kondisi Masjid dengan tingkat keropos yang cukup tinggi, juga karena jumlah jamaah yang terus bertambah, khususnya saat perayaan hari besar,” ujarnya.

Diharapkan masjid jadi pusat kegiatan masyarakat, khususnya umat muslim. Memakmurkan Masjid bukan hanya dengan membangun, tetapi juga bagaimana kita menyelenggarakan kegiatan di dalamnya.

Hadirnya Masjid diharapkan akan memberikan kenyamanan dan meningkatkan kualitas ibadah masyarakat khususnya di wilayah Jongaya. Terlebih Masjid ini salah satu peninggalan sejarah. (*Rz)

Baca juga :  Lantik 457 Pejabat Pemkot, Danny Tegaskan, Jangan Sia-Siakan Jabatan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

MPC Community dengan Dinas Perikanan dan Pertanian Makassar Kerjasama Vaksinasi Rabies dan Perawatan Kucing Anabul

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Pencinta kucing di Makassar bersatu dalam suatu wadah diberi nama Makassar Pawrent Community (MPC), bekerja...

53 Dosen STIE AMKOP Ikut Pelatihan Outcome Based Education (OBE)

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sebanyak 53 dosen STIE AMKOP Makassar telah menjalani pelatihan Penyusunan dan Implementasi Kurikulum Berbasis Capaian...

Gelar Reuni Akbar Kolosal, Ribuan Alumni SMAKARA Angkatan 1954-2024 Akan Berkumpul di Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Ikatan Alumni SMA Katolik Rajawali (IKA SMAKARA) Makassar kembali merencanakan menggelar hajatan reuni akbar yang...

Masyarakat Keluhkan Operasional RM Boneta, Pencemaran Asap dan Limbah Resahkan Penghuni Rumah Sekitarnya

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Operasional Rumah Makan (RM) Boneta (Bone Tamparang) yang berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Kapasa,...