Pangdam Letakkan Batu Pertama Renovasi Masjid Babul Firdaus Jongaya

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT.MAKASSAR—Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H., M.H. letakkan batu pertama renovasi Masjid Babul Firdaus Jongaya di Jalan Kumala Kota Makassar, Senin (22/08/2022).

Kegiatan renovasi pembangunan Masjid bersejarah berusia 126 tahun yang dibangun raja Gowa ke-34, I Makkulau Dg Serang Karaeng Lembang Parang itu disaksikan Pejabat Utama Kodam, Forkopimda Kota Makassar, Forkopimda Provinsi Sulsel serta para tokoh agama dan masyarakat.

”Ini bagian dari komitmennya dalam menjaga situs sejarah di Sulsel. Renovasi ini ketiga kalinya, sejak renovasi terakhir yang dilakukan Andi Mappanyukki. Masjid ini merupakan bukti perjalanan sejarah perjuangan bangsa dalam melawan penjajah,” ungkapnya.

Karena sifatnya heritage, tiga yang tidak akan berubah dari Masjid ini, yakni kubah, mimbar dan menara. Sejumlah alasan kuat lainnya melatarbelakangi renovasi masjid. Selain sudah tua, juga kebutuhan terkait jumlah jamaah yang beribadah di Masjid ini.

“Dalam membangun Masjid, hal terpenting niat dan semangat. Selain kondisi Masjid dengan tingkat keropos yang cukup tinggi, juga karena jumlah jamaah yang terus bertambah, khususnya saat perayaan hari besar,” ujarnya.

Diharapkan masjid jadi pusat kegiatan masyarakat, khususnya umat muslim. Memakmurkan Masjid bukan hanya dengan membangun, tetapi juga bagaimana kita menyelenggarakan kegiatan di dalamnya.

Hadirnya Masjid diharapkan akan memberikan kenyamanan dan meningkatkan kualitas ibadah masyarakat khususnya di wilayah Jongaya. Terlebih Masjid ini salah satu peninggalan sejarah. (*Rz)

Baca juga :  Bekangdam Bersama Bisma dan Catur Perkasa Serahkan Hewan Kurban

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Wali Kota Makassar Ajak Warganya Mengenal Alutsista TNI

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mendampingi Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok...

Wakil Wali Kota Makassar Berbagi Cerita dengan Anak Korban Kebakaran Rappokalling

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR - Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, memberikan semangat bagi anak-anak korban kebakaran Rappokalling yang...

Muh. Rizal : Gerakan Pemuda Ansor Harus Dibumikan di Seluruh Persada Nusantara

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Gerakan Pemuda (GP) Ansor, memiliki peran strategis, dan signifikan. Di setiap episode sejarah, Badan otonom...

Lewat Aplikasi Assipa DKP, Harga dan Stok di Pasar Bisa Diketahui

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Makassar baru saja meluncurkan Aplikasi Sistem Informasi Pangan (Assipa). Aplikasi ini...