Untuk Pertolongan Pertama Atasi Kebakaran, Pemkot Makassar Hadirkan Damtor di 53 Kelurahan

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Maraknya kebakaran yang terjadi dengan kondisi jalan yang sempit maupun susah diakses armada Pemadam Kebakaran (Damkar) membuat Pemerintah Kota Makassar menggagas hadirnya Damtor (Pemadam Kebakaran Motor) yang rencananya akan ditempatkan di masing-masing kelurahan se-Kota Makassar.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar Hasanuddin di pelataran kantornya Jalan Ratulangi, Rabu (28/09/2022).

Menurutnya, saat ini jumlah Damtor yang siap digunakan yakni 27 unit dan sisanya menunggu pengiriman secara bertahap.

“Jadi kami sudah punya 27 unit Damtor dan menunggu sisa pengiriman 26 unit di bulan Oktober mendatang dengan total keseluruhan 53 unit. Damtor ini akan ditempatkan di kelurahan sebagai armada sigap ketika ada kebakaran sembari menunggu armada Damkar tiba di lokasi kejadian,” ujar Hasanuddin.

Ditambahkannya penyerahan aset Damtor ini akan dilakukan di bulan Oktober di masing-masing kecamatan dan akan disebar di 53 titik kelurahan se-Kota Makassar sebagai tahap awal.

“Jadi untuk sekarang jika semua unit sudah terkumpul, maka kami akan menyerahkan aset langsung ke kecamatan untuk selanjutnya di tempatkan di titik-titik strategis kelurahan. Namun, tidak menutup kemungkinan akan ditambah unitnya sesuai dengan kebutuhan di tahun mendatang,” jelasnya kemudian.

Sementara untuk pengisian Damtor sendiri diakuinya akan melalui Peka Rong (Pemadam Kebakaran Lorong) dengan tangki dan mesin pompa. Untuk Peka Rong sendiri mampu menjangkau hingga radius 200 meter dan jika jarak lokasi kebakaran melebihi 200 meter maka akan digunakan Damtor.

Baca juga :  Amankan Perayaan Waisak 2566 BE/2022 M, Polres Pelabuhan Makassar Turunkan 106 Personel

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Tim Juri IMA 2022 Lakukan Verifikasi Lapangan di SD Negeri Kompleks Sambung Jawa

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Tim juri lomba Innovation Major Awards (IMA) 2022 melakukan verifikasi lapangan di sekolah-sekolah yang masuk...

Pangdam Hasanuddin Apresiasi Kerja Keras Bea Cukai Lindungi Masyarakat Indonesia

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, SIP, S.Sos, M.Tr (Han) menghadiri kegiatan pemusnahan...

Antisipasi Cuaca Buruk, Satpolair Polres Pelabuhan Makassar Berikan Imbauan Keselamatan Nelayan

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -  Mengantisipasi cuaca buruk, Satuan Polisi Perairan Polres Pelabuhan Makassar melaksanakan patroli dan sambang sekaligus memberikan...

Lakukan Patroli Dialogis, Bhabinkamtibmas Camba Berua Bagikan Brosur Pengaduan

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sembari memantau wilayah binaannya, Bhabinkamtibmas Kelurahan Camba Berua, Aipda Nur Syamsu Alam melakukan patroli dialogis...