spot_img

Catatan U-17 Indonesia-Malaysia, Indonesia “Termakan” Trik “Konteks” Malaysia

Bagikan:

Tanggal:

Catatan M. Dahlan Abubakar (Tokoh Pers versi Dewan Pers)

HASIL pertandingan tim nasional U-17 Indonesia vs Malaysia Ahad (09/10/2022) mungkin masih menyisakan ‘keheranan’ di kalangan penggemar sepakbola Indonesia. Kekalahan yang menyakitkan ini bagaikan menimpali duka cita publik sepak bola tanah air atas tragedi Kanjuruhan Malang, 1 Oktober 2022 malam yang mengakibatkan 132 penonton meregang nyawa (data 11 Oktober 2022).

Keheranan kita mungkin muncul karena membandingkan hasil pertandingan Indonesia vs Guam yang berakhir 14-0 sementara Guam mampu menahan Malaysia seri 1-1. Di benak kita berdasarkan pertandingan itu, di atas kertas Indonesia diperkirakan dapat mengatasi Malaysia.

Dalam kasus keperkasaan Timnas U-17 Malaysia yang membungkam Indonesia 4-0 pada 45 menit pertama (kedudukan 5-1 pada akhir pertandingan), saya mencoba mengajak pembaca meminjam praktik interpretasi dalam kajian analisis wacana.

‘Realitas’ hasil pertandingan antara Malaysia vs Guam (5 Oktober 2022) yang berakhir 1-1 dijadikan sebagai bahan analisis dan interpretasi. Bagi Indonesia, hasil ini jelas akan dijadikan analogi, membandingkannya dengan hasil pertandingan Indonesia vs Guam yang 14-0.

Jika kita menarik simpulan dari hasil pertandingan tersebut, tentu saja Indonesia akan mampu mengalahkan Malaysia, setidak-tidaknya bermain imbang.

Hasil luar biasa yang dicapai Indonesia melawan Guam dan hasil seri Malaysia melawan tim negara Samudra Pasifik itu secara psikologis memengaruhi prediksi pemain Indonesia terhadap hasil melawan Malaysia kelak.

Bahkan, boleh jadi ada kesan pemain Indonesia menganggap Malaysia masih di bawah level. Padahal, taktik Malaysia bermain imbang dengan Guam merupakan – boleh dikatakan – sebagai kamuflase belaka.

Baca juga :  Jefrianto Asapa Dilantik Jadi Penjabat Sekda Sinjai

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Momen HBA Ke-64 dan HUT IAD Ke-24, Kejati Sulsel Berbagi Tali Asih Bersama Anak Yatim

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64 Tahun 2024 dan HUT ke-24 Ikatan Adhyaksa...

Sambut HBA Ke-64, Kejati Sulsel Gelar Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Kajati Sulsel Agus Salim membuka secara resmi kegiatan Donor Darah yang merupakan rangkaian Kegiatan Bakti...

Pengunjung dan Pasien Rawat Jalan RSUD Sinjai Diajari Etika Batuk

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Pengunjung Rumah Sakit dan Pasien yang berada di Ruang Tunggu Poli Rawat Jalan Rumah Sakit...

BSI Imbau Nasabah Selalu Waspadai Modus Penipuan

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengimbau kepada nasabah agar tetap waspada terhadap berbagai modus...