spot_img

Setetes Air Mampu Tembus Karang

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Salah satu ungkapan yang sering disampaikan oleh banyak orang dalam melakukan suatu kegiatan positif adalah, “Jangan pernah lelah untuk mencoba.”Ungkapan ini memotivasi setiap orang untuk terus berjuang dalam meraih impian.
Seorang guru musik mengajar siswa yang diajarnya untuk mengunjungi master pianis Paderewski di studionya. Sang guru memiminta kepada Paderewski memberi motivasi kepada murid-muridnya.

Sambil tersenyum, Paderewski menunjuk buku musik yang ada di hadapannya sembari berkata, “Kalian lihat komposisi ini? Ini the great Paderewski 80 kali aku melatih halaman ini.”

Paderewski sangat lemah dalam mengingat nada musik. Walau demikian, di puncak karirnya, Paderewski tetap berlatih 8- 10 jam sehari.

Paderewsi berkata, “Bila aku melalaikan latihanku sehari saja, aku akan melihat perbedaannya. Bila aku melalaikan latihanku selama dua hari, para pengkritikku pasti mengetahuinya; dan bila aku melalaikan latihanku selama tiga hari, seluruh dunia akan mengetahuinya.”

Thomas Edison sedang sibuk menyempurnakan gramophon. Ada sedikit masalah yang muncul yaitu nada rendah yang tidak terdengar dan nada tinggi yang sumbang. Edison mempercayakan perbaikan alat tersebut kepada asistennya.

Setelah dua tahun mengerjakan alat tersebut, sang asisten berkata, “Tuan Edison, aku sudah menghabiskan uangmu ribuan dolar dan dua tahun hidupku, tapi tak menyelesaikan apa pun. Aku yakin bila jika memang ada jalan keluar masalah ini, sekarang pasti aku sudah menemukannya. Sekarang aku menarik diri.”

Mendengar kejujuran sang asisten, Edison menjawab, “George, aku percaya bahwa untuk setiap masalah, Tuhan pasti telah memberikan jawaban-Nya pada kita. Kita mungkin tidak menemukannya tetapi bisa jadi suatu hari nanti seseorang akan menemukannya. Kembali dan cobalah lebih lama lagi.”

Baca juga :  TP PKK Sinjai Berpartispasi dalam Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

181 Guru di Enrekang Ikut Program PGP Angkatan 11

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Sebanyak 181 guru di Kabupaten Enrekang menjadi sasaran Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan...

Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada Serentak 2024, Satbinmas Polres Pelabuhan Makassar Lakukan Binluh

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Guna mengantisipasi beredar paham-paham yang bertentangan dengan ideologi Bangsa yang bisa mengganggu kamtibmas tahapan Pilkada...

Hadir di Tengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kodingareng Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024

Hadir di Tengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kodingareng Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024 PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sebagai anggota Polri yang...

Monitoring Antisipasi Stunting, Bhabinkamtibmas Melayu Baru Sambangi Posyandu

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Untuk mencegah terjadinya stunting pada balita, Bhabinkamtibmas Polsek Wajo yang bertugas di Kelurahan Melayu Baru...