spot_img

Kerjasama Departemen Teknik Kelautan Unhas, PII Cabang Makassar Gelar Sosialisasi Area Aktivitas Wisata Pantai Biru

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik melalui pendanaan Hibah Program Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Hasanuddin – Program Kemitraan – Masyarakat (PPMU-PK-M) tahun 2023, bekerjasama dengan Bidang Kemaritiman Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Cabang Makassar telah melakukan kegiatan “Sosialisasi Area Aktivitas Wisata Pantai Biru Berdasarkan Kontur Batimetri” di Kelurahan Tanjung Merdeka, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sabtu (21/10/2023) pagi sekitar pukul 10.00 Wita.

Sosialisasi ini dilakukan untuk memberi pemahaman pentingnya pengetahuan tentang kesadaran, kesiapsiagaan dan sikap tanggap kecelakaan yang berpotensi bencana di kawasan wisata pantai/bahari, khususnya batasan area aktivitas wisata Pantai Biru berdasarkan kontur batimetri.

Sosialisasi ini dapat meningkatkan mutu pelayanan keselamatan dan tindakan preventif terjadinya kecelakaan yang berpotensi bencana bagi pengelola dan pengunjung wisata Pantai Biru.

Sosialisasi dihadiri oleh Pemerintah Kelurahan Tanjung Merdeka yang diwakili oleh Abd. Rahman (Ketua RW 05) dan J. Dg. Tantu (Ketua RT 02), Ketua dan anggota LPM Tanjung Merdeka termasuk pengelola Wisata Pantai Anging Mamiri, Pantai Biru, dan Pantai Tanjung Bayang, serta perwakilan tokoh masyarakat dan organisasi kepemudaan Kelurahan Tanjung Merdeka.

Ketua Tim Pengabdian, Dr. Ir. Taufiqur Rachman, ST, MT, IPM menegaskan, perangkat keselamatan berupa rambu-rambu keselamatan terkait batas area aktivitas wisata Pantai Biru (area berenang, area bermain wahana, dan area memancing) harus dipenuhi agar wisatawan sadar terhadap potensi bencana di daerah wisata yang dikunjungi.

Wisatawan juga dapat memahami rambu-rambu peringatan dini bencana, yang pada akhirnya akan meningkatkan kewaspadaan wisatawan dan masyarakat terhadap potensi kecelakaan yang mengakibatkan bencana sesuai dengan regulasi UU No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, dan pemahaman pentingnya penerapan aturan keselamatan kerja sebagai jaminan keamanan dan keselamatan di tempat wisata sesuai dengan UU No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

Baca juga :  Antisipasi Kepadatan Kendaraan, Personel Shabara Polres Enrekang Melakukan Pengaturan Arus Lalin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Tuntutan JPU Terlalu Ringan Dalam Kasus Dugaan Penganiayaan, Cuma 2 Bulan Penjara

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai terhadap tersangka kasus dugaan penganiayaan menuai...

Dharmasanti Waisak se-Sulselbar Tahun 2568BE / 2024M di Kota Parepare Berlangsung Sukses

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE - Waisak adalah milik kita semua dan milik kita bersama. Esensi dari tiga peristiwa yang diperingati...

Sedang Tunaikan Ibadah Haji, Sujud Syukur Sekda Takalar Atas Kelulusan Muh Irsyaad di FK Unhas

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Semua orang tua menginginkan yang terbaik buat pendidikan anak-anaknya ketika mengenyam pendidikan di perguruan tinggi...

Bersiap Jelang Lebaran Idul Adha 1445 H, Kompleks BDP Perintis Makassar Bersih-Bersih

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Perayaan hari raya idul adha atau dikenal juga hari qurban 1445 Hijiriah sisa beberapa hari...