spot_img

Pimpinan PPUU Kunjungi BKN Makassar, Bahas Daftar Inventaris Masalah RUU Perubahan Kedua UU No.30 Tahun 2014

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Pimpinan Panitia Perancang Undang-Undang (PPUU) yang juga merupakan anggota DPD RI, Dr. H. Ajiep Padindang, S.E.,M.M., melakukan kunjungan kerja ke daerah pemilihannya di Sulawesi Selatan, tepatnya ke Kantor Regional IV Badan Kepegawaian Negara (BKN) Makassar, Jum’at, (19/01/2024)

Pada kunjungan tersebut , Dr. H. Ajiep Padindang, S.E.,M.M. diterima oleh Kepala Kantor Regional IV Badan Kepegawaian Nasional Makassar, Andi Anto, S.Sos.,M.H.,M.AP.

Terungkap dalam pertemuan tersebut, terdapat berbagai permasalahan, termasuk adanya ketidaksinkronan antara UU tentang Administrasi Pemerintahan, UU Pokok-Pokok Kepegawaian dan UU Aparatur Sipil Negara.

Kemudian, Ajiep Padindang menjelaskan, perlunya perubahan RUU tentang Administrasi Pemerintahan terkait konsep Tindakan, yang saat ini disamakan dengan konsep Keputusan, padahal tidak selalu konsep Tindakan itu sama dengan Keputusan.

“Begitu juga dengan persoalan Keputusan fiktif positif, yang belum jelas mekanismenya. Dan, temuan dari pengawas internal yang terkait dengan kerugian negara, seringkali UU tentang Administrasi Pemerintahan tidak digunakan untuk memberikan perlindungan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN),” ungkap Ajiep.

“Beberapa kasus menunjukkan, bahwa PNS diberhentikan dengan tidak hormat dengan nilai kerugian negara yang tidak signifikan,” tambahnya.

Selanjutnya, permasalahan yang juga disoroti yakni kepala daerah yang tidak menjalankan putusan banding administratif atau peradilan tata usaha negara.

“Ini menimbulkan upaya penyelesaian sengketa administrasi yang kurang optimal. Dalam perubahan UU tentang Administrasi Pemerintahan, materi muatan ini dapat diakomodasi dan dapat diselesaikan,” tegasnya.

Dalam kunjungan daerah kali ini, PPUU bermaksud untuk memperkaya muatan dari Daftar Inventarisasi Masalah yang telah berhasil dipetakan dan dikumpulkan melalui kegiatan pemantauan dan peninjauan Undang-Undang tentang Administrasi Pemerintahan.

Baca juga :  Bupati Sidrap Dollah Mando Harap Petugas Pendataan Regsosek Emban Tugas dengan Baik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Siswa SMA Muhammadiyah 6 Makassar Lakukan Pengamatan Benda Luar Angkasa

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap sains dan teknologi, SMA Muhammadiyah 6 Makassar...

Berikan Jam Pimpinan, Pangdam XIV/Hsn Tekankan Agar Menghindari Pelanggaran Sekecil Apapun

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.IP memberi jam pimpinan dengan memberikan pengarahan kepada...

Jalin Persahabatan Antar Alumni 80-an, SMANSA FC Gelar Turnamen Fourfeo di Lapangan Sapta Mini Soccer

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Dalam rangka menjalin persahabatan antar alumni angkatan 80-an SMA Negeri 1 (SMANSA) Makassar yang hobi...

Turnamen Sepakbola Reso Temmangingngi Akan Bergulir di Bulan Agustus

PEDOMANRAKYAT, GOWA - Kejuaraan sepakbola Reso Temmangingngi antar klub akan segera bergulir pada 20 Agustus - 25 September...