spot_img

Dinkes Sinjai Rencana Periksa Takjil di Sejumlah Pasar Dadakan

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI — Hampir disetiap jalan di bulan suci ramadan ini ditemukan pedagang takjil khususnya saat menjelang buka puasa. Mereka biasanya berjualan dengan menggunakan lapak dadakan.

Guna memastikan keamanan jajanan yang dijual, Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Kesehatan akan turun melakukan pemeriksaan takjil.

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai dr. Emmy Kartahara Malik saat ditemui di Ruang Kerjanya, Junat (15/3/2024) mengatakan bahwa dalam waktu dekat pihaknya bersama beberapa OPD terkait akan terjun langsung untuk memeriksa jajanan takjil.

“Tim sudah persiapkan. Nanti kita akan keliling di sejumlah lokasi yang memang ramai menjual takjil. Ini kita lakukan untuk memastikan makanan yang dikonsumsi masyarakat aman bagu kesehatan, ” jelasnya.

Nantinya, tim akan mengambil sampel makanan takjil untuk memastikan apakah ada bahan berbahaya atau tidak yang terkandung dalam Takjil buka puasa yang dijual oleh para pedagang dan dibawa ke Labkesda Sinjai untuk diuji.

“Jadi kita akan mengambil sampel makanan yang dijual untuk memastikan bahan yang digunakan tidak mengandung zat berbahaya,” katanya.

Ia mencontohkan, bahan berbahaya yang dilarang terkandung dalam makanan dan minuman karena berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi, seperti boraks, formalin dan pewarna rhodamine B yang dapat menimbulkan sel kanker pada manusia.

Emmy mengimbau kepada masyarakat agar selalu memperhatikan berbagai macam tips terkait dengan pembelian jajanan takjil selama bulan Ramadan, seperti tempat jualannya, jenis jualannya hingga ciri fisik jualannya. (AaN)

Baca juga :  Saat Ini, PPKD Kabupaten Sinjai Lakukan Pelipatan Kertas Surat Suara

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Gelar Halalbihalal di Maros, PENAT Celebes Silaturahim dengan Sejumlah Pecinta Alam dan Edukasi Para Pemula

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Komunitas Pendaki Nafas Tua (PENAT) Celebes kembali menggelar Halalbihalal antar seluruh komunitas Pecinta Alam (KPA)....

Kepala SMPN 5 Sinjai Apresiasi Ujian Sekolah Dengan Pemanfaatan Chromebook

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Mulai hari ini, Senin (22/4/2024) hingga tanggal 27 April 2024 sebanyak 2.969 siswa SMP di...

Zadrak Tanpa Pamrih Melayani Masyarakat Korban Longsor

PEDOMANRAKYAT, MAKALE - Sepekan sudah bencana longsor di Palangka dan Pangra'ta menelan korban jiwa jiwa 20 orang. Bahkan dua...

Majelis Ta’lim To’kaluku Makale Serahkan Bantuan Korban Longsor Pangra’ta

PEDOMANRAKYAT, MAKALE - Majelis Ta'lim Mesjid Baiturrahman To’kaluku, Makale, Minggu (21/4) kemarin serahkan bantuan ke keluarga korban bencana...