spot_img

Bincang Media Di Komunitas Anak Pelangi Parangtambung

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR –

Komunitas Anak Pelangi (K-Apel) memfasilitasi bincang media yang dilakukan oleh media online Nusantarachannel.co, di Pusat Pengembangan Potensi Masyarakat Komunitas Anak Pelangi di Jl Dg Tata III Lr Daeng Jakking, Makassar, Sabtu (16/7/2022).

Bincang media bertajuk Jurnalisme Warga bertema Menulis Berita Itu Mudah ini menghadirkan Direktur Pusdiklat JOIN Zulkarnain Hamson dan Pemimpin Redaksi media online makassarchannel.com M Rusdy Embas sebagai pemateri.

Belasan peserta, jurnalis dan anggota binaan Komunias Anak Pelangi, mengikuti perbincangan yang berlangsung sekira dua jam itu. Diawali pembacaan ayat suci Alquran dan lantunan puisi.

Direktur Utama Nusantarachannel.co Rusdin Muchtar dalam sambutan pembukaan berharap, bincang media memberi pencerahan buat peserta.

Zulkarnain Hamson dalam paparannya mengatakan, kehadiran jurnalisme warga tak bisa dipandang enteng. Fakta menunjukkan, pengaruhnya yang sangat luar biasa sejak munculnya media sosial. Dia memberi contoh, skandal Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton.

“Skandal presiden di Amerika Serikat terbongkar dari warga yang membuat laporan terkait skandalnya, namun kita juga harus berhati-hati menggunakan media sosial seperti Facebook. Karena di media sosial itu dapat membaca kecendrungan kita akan sesuatu,” katanya.

Dia juga mengatakan, “Apabila kita cenderung membuka berita terkait sesuatu, maka mesin pencari akan memberikan pilihan terkait kecenderungan pilihan kita biasanya. Jadi hati-hati Ki.”

Mantan Wakil Rektor di Universitas Indonesia Timur ini menguraikan perbedaan antara jurnalis dengan jurnalisme warga. Salah satunya, jurnalis itu merupakan pekerja media, sedangkan jurnalisme warga bukan pekerja media.

Baca juga :  Turnamen Nasional Pencak Silat Tapak Suci Rektor UINAM CUP VI 2022 Resmi Ditutup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kejari Enrekang Pimpin Upacara HKN dan Halal Bihalal, Manfaatkan Potensi SDA Untuk Kemajuan Kabupaten

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Hari kedua pasca libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriyah 2024, Pemerintah Kabupaten Enrekang...

Bupati Irwan serahkan 138 SK PPPK Tenaga Pendidik

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Sebanyak 138 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Pinrang menerima SK Pengangkatan sebagai...

Gelar Konferensi Pers, Prof Basri Modding Klarifikasi Tuduhan Penyelewengan Dana

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR --Penasehat hukum mantan Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Prof, Dr. Basri Modding, SE, MSi dari...

Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional, Pj. Bupati Sinjai Tekankan Ini

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah kembali menekankan peningkatan kompetensi bagi setiap Aparatur Sipil Negara...