spot_img

Rumput Tetangga Lebih Hijau

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Manusia kadang tidak menyadari bahwa rezeki yang diperolehnya lebih baik daripada orang sekitarnya. Di balik ketidaksadarannya tersebut itulah, muncul perasaan kalau seseorang memiliki kelebihan yang tidak ia miliki. Di sinilah terkadang lahir perasaan dengki yang dapat merugikan orang lain dan diri sendiri.

Lebih parahnya lagi adalah, sikap dengki dapat menjadi pangkal kesengsaraan bagi seseorang yang memendam sikap tersebut. Perasaan benci kepada orang lain, bisa saja dikarenakan melihat kebahagiaan atau kelebihan yang dimiliki oleh orang lain.

Sebagaimana ditulis di atas, terkadang seseorang diberi kebahagiaan, namun mereka merasa bahwa kebahagiaan yang mereka miliki, tidak sebaik yang dimiliki oleh orang lain. Tak heran muncul pepatah the grass over the fence always look greener.

Perasaan tak berdasar bahwa orang lain selalu lebih bahagia dari pada diri sendiri akibat rasa rendah diri, namun yang paling parah dari hal tersebut adalah, ketidakmampuan mensyukuri nikmat Allah SWT atas segala karunia yanh telah diberikan-Nya.

Lebih tegas, kedengkian muncul akibat ketidakmampuan seseorang mensyukuri nikmat Allah SWT. Padahal Allah SWT sudah mengingatkan dalam QS 14: 7, “Dan ingatlah ketika Tuhanmu sekalian menegaskan, jika kamu pandai bersyukur, maka pasti Allah SWT akan menambah nikmat-Nya kepadamu, dan jika engkau mengingkari nikmat Allah SWT maka ketahuilah bahwasanya siksa Allah SWT amat pedih.”

Seseorang yang pandai bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat-Nya, maka apapun yang ada padanya maka akan senantiasa membawa kebahagiaan.  Tapi sebaliknya, jika seseorang tidak pandai bersyukur, apalagi inkar kepada ni’mat Allah SWT, maka perasaan kurang beruntung pada jiwa mereka akan menjadi sumber kesengsaraan.

Baca juga :  Liga Anak Lorong Soekarno Cup 2023, Camat Mamajang Beri Dukungan Ke Tim Sepakbola Kecamatan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kejaksaan Negeri Enrekang Lakukan Pelimpahan Perkara Tahap II Atas Kasus Kekerasan Seksual

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Kejaksaan Negeri Enrekang menggelar press release di Kantor Kejaksaan Negeri Enrekang terkait Pelimpahan Perkara (Tahap...

Pj Bupati Dr. H Baba Resmi Lepas Kontingen Kafilah Kabupaten Enrekang Untuk MTQ Provinsi Sulsel ke-33

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang Dr. H. Baba, secara resmi melepas kontingen Kafilah Kabupaten Enrekang, di Ruang...

AKP Sukri Lepas Jabatannya, Kapolres Pinrang Ambil Alih Tugas sebagai Kapolsek

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Kapolres Pinrang, AKBP Andiko Wicaksono memimpin langsung kegiatan penyerahan dan pelepasan jabatan Kepala Kepolisian Sektor...

Pemerintah dan Relawan Bersatu, Dapur Umum Terus Dilakukan Pasca Banjir Bandang Enrekang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Hari ketiga pasca banjir bandang yang melanda Kota Enrekang dan wilayah sekitarnya, pemerintah daerah, bekerja...