spot_img

Upaya Serius Penanganan Zoonosis, Pj Bupati Enrekang Ajak OPD dan Pihak Terkait Berkoordinasi

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – PJ Bupati Enrekang Dr. H. Baba, SE, MM, menghadiri Rapat Koordinasi Kelompok Kerja ketahanan kesehatan tingkat Kabupaten Enrekang, sekaligus membuka acara yang diadakan di rumah Jabatan Bupati Enrekang pada jumat, (22 Maret 2024).

Acara tersebut juga dihadiri oleh para pimpinan OPD lingkup Kabupaten Enrekang, Kepala Kemenag Kabupaten Enrekang, Ketua Baznas Kabupaten Enrekang, Rektor Universitas Muhammadiyah Enrekang, Camat Enrekang, Camat Maiwa, Kepala UPT Puskesmas Enrekang, Kepala UPT Puskesmas Maiwa, Kepala UPT Puskeswan Kecamatan Enrekang, Kepala UPT Puskeswan Kecamatan Maiwa, dan Ketua Ikatan Difabel Kabupaten Enrekang.

Dalam sambutannya, PJ Bupati Enrekang mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi ummat islam, dan mengapresiasi kehadiran peserta yang berperan dalam upaya ketahanan kesehatan di Kabupaten Enrekang.

“Kita tahu bahwa hewan ternak yang dipelihara oleh masyarakat di Kabupaten Enrekang, itu rentan terkena penyakit, terutama penyakit yang dapat ditularkan kepada manusia seperti Penyakit PMK Jembrana, Antraks, dan penyakit lainnya. Jika tidak ada tindakan pencegahan dan penanganan serius, ini dapat berdampak, tidak hanya pada penularan penyakit saja, tetapi juga kerugian ekonomi bagi peternak,” ujar Pj Bubapi.

Ia juga mengungkapkan atas ditemukannya babi mati di sekitar pekarangan masyarakat di Kecamatan Maiwa tanpa penyebab, menjadi salah satu contoh yang harus ditangani secara serius.

“Jadi itu perlu dilakukan identifikasi penyebabnya dengan mengambil sampelnya sehingga dapat diketahui secara medis penyebab dan langkah-langkah penanggulangannya, “tegasnya.

Pj Bupati meminta kepada tim Koordinasi Ketahanan Kesehatan yang telah terbentuk dalam Kelompok Kerja (Pokja), harus memiliki target yang ingin dicapai, menyusun rencana kegiatan secara bertahap, dan melakukan monitoring serta evaluasi agar program ketahanan kesehatan Kabupaten Enrekang dapat dilaksanakan secara optimal.

Baca juga :  Sekjen Perluni UNM : Alumni dan Mahasiswa UNM Akan 'Pakintaki' Dunia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pilkada 2024, Mitra Fakhruddin MB Kembalikan Berkas Pendaftaran ke Partai Hanura Enrekang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Enrekang hampir menemui titik terang siapa siapa...

Didukung Penuh Gerindra, Yasir Machmud Maju Pilkada Bone

PEDOMANRAKYAT, WATAMPONE - Setelah mendapat konfirmasi dan arahan dari Andi Iwan Darmawan Aras selaku Ketua DPD Partai Gerindra...

Andi Elsa Fadhilah Sakti Doktor Termuda Unhas

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR -- Andi Elsa Fadhilah Sakti dipastikan sebagai doktor termuda yang dihasilkan Universitas Hasanuddin (Unhas) selama...

Momen Hari Buruh Internasional, PLN IP UBP Tello Terus Kembangkan Kompetensi Tenaga Kerja

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Tello terus berkomitmen untuk melakukan peningkatan dan pengembangan...