spot_img

Memilih Kehidupan Akhirat

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Membaca judul di atas, rasanya menggelitik dan mungkin terkesan ketinggalan zaman bagi mereka yang berasumsi bahwa pemikiran seperti itu merupakan pola pikir tempo doeloe dan sudah tidak relevan untuk saat ini.

Boleh ya, boleh juga tidak. Tetapi bagi seorang mukmin yang meyakini Firman Allah SWT yang mengingatkan bahwa kehidupan hari akhir lebih baik daripada saat ini, akan menjadi renungan bagi mereka dalam kehidupan yang serba fana ini.

Di antara keteladanan yang patut dicontoh adalah, keteladanan yang pernah dilakukan oleh Khalifah Umar ibn al-Khattab. Setelah didaulat sebagai Khalifah, Umar sudah tidak memiliki waktu untuk berdagang, profesi yang telah beliau lakoni sebelumnya.

Suatu hari, Umar berkata di hadapan beberapa orang sahabat, “Wahai, saudara- saudara. Aku telah kalian percayai untuk memangku jabatan sebagai khalifah, yang membuatku tidak bisa lagi mencari nafkah bagi kehidupan keluargaku. Jadi, bagaimana pendapat saudara-saudara, apakah anak istriku akan dibiarkan terlunta-lunta?”

Para sahabat terdiam dan berupaya mencari solusi atas apa yang dihadapi oleh khalifah Umar ibn al-Khattab. Setelah bermusyawarah, para sahabat bersepakat untuk memberi gaji kepada Umar yang uangnya di ambil dari bait al mal. Awalnya, beberapa sahabat mengusulkan agar gaji Umar, setara dengan gaji beberapa raja yang ada di sekitarnya, namun Ali menolak usul tersebut.

Hasil musyawarah memutuskan, khalifah mendapat imbalan secukupnya dari bait al- mal, agar khalifah fokus dapat mengurusi rakyatnya.

Baca juga :  DPC Partai Hanura Kota Makassar Targetkan 1 Dapil 1 Kursi di Pileg 2024

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Hardiknas 2024, Transformasi Pendidikan Enrekang Meniti Generasi Kurikulum Merdeka Belajar

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG, – Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sertiap tahun 2024 di halaman...

Catatan Mudik Lebaran 2024 (1) : “Diskriminasi” Kecil di KM Tilongkabila

Pengantar: Wartawan “Pedomanrakyat.co.id” M.Dahlan Abubakar, pada Lebaran 2024 melakukan perjalanan mudik terlama, 14 hari, ke kampung halaman. Dalam lawatan...

Kadis Perindag Sulsel, Resmi Dilantik Jadi Pj Bupati Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Ahmadi Akil, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel akhirnya resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati...

HANURA Enrekang Mulai Jaring Bakal Calon Kepala Daerah untuk Pilkada 2024, Sudah Ada 3 Kandidat

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Enrekang membuka secara resmi pendaftaran calon Bupati dan...